mq:
Coba om hapus mulai huruf-huruf h.m.morris sampai dengan least. Hasilnya
> akan seperti ini lho: saya sama bodoh dan picik dengan yesus kristus.

Sethiadi:
Jangan pelintir-pelintir tulisan saya. Hilang satu titik atau satu koma saja
sebuah kalimat bisa berubah artinya, apalagi begitu banyak kata-kata. Tentu
artinya berubah. Jangan suka putar balik perkataan saya.

Yesus percaya bahwa Alkitab (waktu itu Alkitab=PL) benar. Tentu ini termasuk
Kejadian 1. Yesus tidak pernah koreksi Kejadian 1. Morris dan semua
kreasionis Kristen sedunia (termasuk saya) percaya bahwa Yesus adalah
kebenaran. Kami percaya apa yang Yesus percaya, termasuk bahwa PL benar.
Kalau ini dikatakan bodoh dan picik, hati-hatilah yang berkata begitu,
karena Yesus juga percaya bahwa PL adalah benar. Itu yang saya tulis dan itu
yang saya maksud.

Jangan suka putar balik Firman Tuhan. Jelas Tuhan mengatakan bahwa Tuhan
ciptakan alam semesta dalam waktu enam hari. Enam hari yang ada petangnya
dan ada paginya. Manusia diciptakan pada hari keenam dari debu tanah, dan
"menghembuskan nafas hidup kedalam hidungnya".

Tuhan tidak pernah mengatakan manusia berevolusi dari binatang. Itu kata
Chardin dan kemudian diikuti banyak teolog. Jemaat jadi bingung. Percaya
Firman Tuhan atau percaya pendeta yang kompromikan Alkitab dengan teori
evolusi? Sayapun mula-mula bingung dan ragu, tetapi setelah pelajari
persoalan sedalam-dalamnya, dalam batas kemampuan saya dan kesempatan yang
ada, sejak 1987 saya percaya bahwa Firman Tuhan benar, jauh lebih benar
daripada Chardin atau teolog yang manapun.

Taruhlah Tuhan dan Firman Tuhan diatas segala filsafat, teori dan
spekulasi-spekulasi manusia.

Yang bikin "Scientific Error" adalah para evolusionis. Yang bikin "Theological
Error" adalah para teolog yang mau kompromikan Firman Tuhan dengan teori
buatan manusia ialah teori evolusi.

Sekali lagi jangan percaya saya, Morris, Chardin, Darwin atau Hawking. Kami
belum ada waktu Tuhan menciptakan langit dan bumi beserta segala isinya.
Percayalah Tuhan! Dan Tuhan berfirman:

1:1 Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi.
1:2 Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan
Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air.

1:3 Berfirmanlah Allah: "Jadilah terang." Lalu terang itu jadi.

1:4 Allah melihat bahwa terang itu baik, lalu dipisahkan-Nyalah terang itu dari
gelap.

1:5 Dan Allah menamai terang itu siang, dan gelap itu malam. Jadilah petang dan
jadilah pagi, itulah hari pertama.

1:6 Berfirmanlah Allah: "Jadilah cakrawala di tengah segala air untuk
memisahkan air dari air."

1:7 Maka Allah menjadikan cakrawala dan Ia memisahkan air yang ada di bawah
cakrawala itu dari air yang ada di atasnya. Dan jadilah demikian.

1:8 Lalu Allah menamai cakrawala itu langit. Jadilah petang dan jadilah pagi,
itulah hari kedua.

1:9 Berfirmanlah Allah: "Hendaklah segala air yang di bawah langit berkumpul
pada satu tempat, sehingga kelihatan yang kering." Dan jadilah demikian.

1:10 Lalu Allah menamai yang kering itu darat, dan kumpulan air itu dinamai-Nya
laut. Allah melihat bahwa semuanya itu baik.

1:11 Berfirmanlah Allah: "Hendaklah tanah menumbuhkan tunas-tunas muda,
tumbuh-tumbuhan yang berbiji, segala jenis pohon buah-buahan yang menghasilkan
buah yang berbiji, supaya ada tumbuh-tumbuhan di bumi." Dan jadilah demikian.

1:12 Tanah itu menumbuhkan tunas-tunas muda, segala jenis tumbuh-tumbuhan yang
berbiji dan segala jenis pohon-pohonan yang menghasilkan buah yang berbiji.
Allah melihat bahwa semuanya itu baik.

1:13 Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari ketiga.

1:14 Berfirmanlah Allah: "Jadilah benda-benda penerang pada cakrawala untuk
memisahkan siang dari malam. Biarlah benda-benda penerang itu menjadi tanda
yang menunjukkan masa-masa yang tetap dan hari-hari dan tahun-tahun,

1:15 dan sebagai penerang pada cakrawala biarlah benda-benda itu menerangi
bumi." Dan jadilah demikian.

1:16 Maka Allah menjadikan kedua benda penerang yang besar itu, yakni yang
lebih besar untuk menguasai siang dan yang lebih kecil untuk menguasai malam,
dan menjadikan juga bintang-bintang.

1:17 Allah menaruh semuanya itu di cakrawala untuk menerangi bumi,

1:18 dan untuk menguasai siang dan malam, dan untuk memisahkan terang dari
gelap. Allah melihat bahwa semuanya itu baik.

1:19 Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari keempat.

1:20 Berfirmanlah Allah: "Hendaklah dalam air berkeriapan makhluk yang hidup,
dan hendaklah burung beterbangan di atas bumi melintasi cakrawala."

1:21 Maka Allah menciptakan binatang-binatang laut yang besar dan segala jenis
makhluk hidup yang bergerak, yang berkeriapan dalam air, dan segala jenis
burung yang bersayap. Allah melihat bahwa semuanya itu baik.

1:22 Lalu Allah memberkati semuanya itu, firman-Nya: "Berkembangbiaklah dan
bertambah banyaklah serta penuhilah air dalam laut, dan hendaklah burung-burung
di bumi bertambah banyak."

1:23 Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari kelima.

1:24 Berfirmanlah Allah: "Hendaklah bumi mengeluarkan segala jenis makhluk yang
hidup, ternak dan binatang melata dan segala jenis binatang liar." Dan jadilah
demikian.

1:25 Allah menjadikan segala jenis binatang liar dan segala jenis ternak dan
segala jenis binatang melata di muka bumi. Allah melihat bahwa semuanya itu
baik.

1:26 Berfirmanlah Allah: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan
rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di
udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata
yang merayap di bumi."

1:27 Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar
Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka.

1:28 Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka:
"Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu,
berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala
binatang yang merayap di bumi."

(Kejadian 1:1-28)

Inilah dasar yang paling dasar dari Kitab Kejadian, dari Alkitab secara
keseluruhan dan dari iman Kristen secara keseluruhan.

Salam. Stanley Sethiadi.