Om Bob:
> ===============
> Bung Andre, bisa share gak apa yang anda maksudkan dgn
> "pembodohan umat", elmu apaan lagi tuh? 8-))
> BJ

Andre:
wah....jadi gak enak nih om bob....masak ngebuka kejelekan gereja
sendiri :) tapi bolehlah saya kasih contoh2x yang agak umum hehehe

contoh-contoh:
1. setiap pengurus/aktifis gereja harus mengikuti seluruh acara
organisasi gereja...which almost every day...lah kan kalo pengurus
pemuda kan masih pada sekolah atau kuliah...lah jadi pada gak belajar.

2. teori-teori "nge-flow" atau "nge-roh"...misalnya mo bikin acara ato
misi dan visi....blom jelas apa....tau2x maen bilang "nge-flow"
aja...ntar juga Tuhan tuntun....lah namanya bikin rencana yah mesti
kita yang pikirin donk...mosok maen lempar ke Tuhan ?

3. Saya rasa semua gereja sama....mo bikin kerjasama antar denominasi
...mo bikin bazaar....malah di marahin....karena ngajak2x gereja laen.

4. Kotbah/Firman Tuhan yang gak jelas dasarnya....pokoknya dipaksakan
untuk sesuai dengna kebutuhan yang "kotbah"....

5. Saya merasa ada pengekangan pendapat atau dialog...kalo lagi
pemuridan/pembinaan pasti yang diceritakan itu-itu saja...gak bisa
berkembang...jadi nya yah semua pengerja/aktifis punya pemikiran dan
pendapat yang sama (semacam brainwash)

6. Terlalu mendewakan pemimpin / mengkultuskan individu...

dll....

gitu om Bob....hehehe....

rgds,
Andre