selepas sore seorang teman menelpon
" kamu gak ikut ikut melayat ?"
" siapa yg meninggal ?" tanya saya
" Pak Eka.." balasnya diiringi tawa.
sayapun menyeringai membalas tawanya.
tahu persis yg maksud senyum lebarnya. siapakah kami ini.
" Eh, tapi aku udah melayat loh! " jawab saya
yg membuat kawan ini terlihat ragu
" serius ?"
" serius !" jawab saya mantap.

--

Pdt Eka. melihat kebesarannyapun bukan perkara mudah bagi saya.
sejak siang tadi saya menimbang-nimbang,

ingatan saya jatuh ketika pertama kali saya membaca kolom
tanya jawab di majalah Kawanku, sekian tahun yang lalu.
waktu saya masih SD atau SMP. tak ingat persis. dan yg dibahas
mengenai penciptaan. ada ilustrasi manusia purba disitu.
Pak Eka bukan seorang kreasionis dan waktu itu saya ndak mudeng.

cerita selanjutnya tidak terlalu layak disampaikan. karena memang
saya tidak tahu apa-apa dan bukan siapa-siapa. walau juga merasa
"memilikinya", seperti mungkin perasaan kita semua saat ini.
bebeberapa kali kami berkebaktian di bektim. mendnegar kotbahnya,
salaman. [dan dari jauh masih selalu ingin memandang dia], pulang.
juga tulisan2 yg sempat dibaca. pandangan2annya.
terutama, kesegaran cara pandangnya yg seringkali berbeda.

sebagai seorang pelayat virtual, saya melihat ucapan duka
yg betubi-tubi di milis cyber-gki, juga obrolan dng brp teman
kristen, milis. berharap namanya disebut dalam kporan pagi,
obituary lagi yg mungkin membuat makin kenal, menjadikan saya,
sungguh-sungguh turut dalam perkabungan sekaligus datang dalam
layatan tsb. merasakan kehadirannya. merasakan ketidakhadirannya
lagi ditengah kita.

selamat jalan pak Eka. tulisan & jejak langkah anda masih bersama kita.

HBM