Assalamu'alaikum wr wb

"Kurang apa lagi coba, beliau nasabnya bersambung dgn Rosululloh, ilmunya
bersambung dgn ilmu Rosululloh, ijazahnya bersambung dg Rosululloh, dan
semuanya bersambung ke Rosululloh, tinggal diamalkan saja!" kata temenku
di belakangku. Di dpn, aku mengangguk2 saja...

Minggu kmrn haul Sayyidah Khodijah di Pekalongan, Syekh Asrori dg Habib
Umar bin Hafidz, "Minggu kmrn jd ke Pekalongan, mas?" tanyaku.

"Ndak, aku tidur! Zein jam 3.30an pagi telpon ngajak aku ke sana tp aku
bilang ndak, capek!"

"Iya ya, mas...aku juga capek semalem habis dari acara di rmh Habib Thohir
itu, tp Habib Umar apa ndak capek spt kita ya, mas...sabtu pagi ada acara,
sabtu siang ada acara, malem ke Semarang ada acara, dan habis itu kalau
ndak salah ada banyak yg ikut beliau ke tempat beliau istirahat, minggunya ke
Pekalongan, pulang ke Semarang ke bandara msh lama langsung ke tempat
istirahat lagi...aku aja hadir td malam aja udah capek dan ngantuk ya, mas!"

"Habib Umar lain, masya Alloh ya...Syeikh Asrori juga..."

"Kata muridnya, Syekh Asrori nasab-nya bersambung ke Sayyidina Syekh
Abdul Qodir al-Jilani lho, mas! Syekh Abdul Qodir ke Rosul Saw..."

"Berarti msh nyambung ke Sayyidina Hasan Husein..."

Aku ingat kata2 temen2ku, orang2 spt al-Habib Umar bin Hafidz dan Syekh
Asrori itu bnr2 masya Alloh...ada yg berkata saling tawadlu' satu dg lainnya,
saling menghormati satu dg lainnya.

Kami terdiam, tenggelam dlm pikiran kami masing2. Sementara aku msh
tetap konsentrasi mengendarai motor habis Maghrib Rabu malam itu, mau
hadir di ta'lim fiqh-nya Habib Hasan al-Jufri dan Manaqib habis itu. Gerimis
barusan membuat suasana jd sejuk...

Subhaanaka-lloohumma wa bihamdika, Asyhadu an-laailaahailla anta,
Astaghfiruka wa atuubu ilaika...

Wallohu a'lam bishshowab
Wassalamu'alaikum wr wb