Refleksi

  Dipenghujung tahun Hijriah ini aku cuma mampu berkontemplasi,
  merefleksi diri, menyesali masa silam yang kelam temaram,
  merenung cita-cita yan kandas, rencana yang buyar
  mimpi-mimpi nan kosong, janji yang tak terpenuhi.
  Geram...aku penuh sesal
  Kesal, sebal.
  Cemberut.
  Merengut

    Oh,  setahun, dua tahun,  waktuku begitu tersia sia.
  Sudah berbuat apa saja aku ini, kita semua?
  Sudah ada perbaikan atau perubahankah?
  Sungguh merugi aku ini, kita ini, kami, semua.
  Masa yang begitu berharga.. terbang lenyap,
  tanpak menyisakan apapun,
  rasa tak bermakna.
  Hampa.

  Jangankan aku hendak ber-euforia
  Apalagi beretorika, bermetafora
  Malu pada diri
  pada Tuhanku,
  Al-Khalik.

  Air mata? Habis. Tak tersisa. Tak guna.

  Sejenak aku terdiam..lalu menenggak keatas langit kelam
  kutatap pada kerlip sang gemintang, seakan pantul cayanya
  berbisik:
  ' Hey..Jangan biarkan dirimu larut dikubangan sesal  gagalmu'
  ' Jadikan ia sejarah dan hikmah masa lalumu'
  ' BerHijrahlah, cerialah, bangunlah untuk esok.
  ' Masih ada hari esok'

  Aku mengangguk dan setuju.
  Aku percaya ada hari esok.
  Ada secercah harapan
  Kendati penuh misteri.
  Namun kutetap berharap.
  Kalau esok ada mentari,
  menguak awan muram,
  nan kelabu dan sendu
  lalu ada langit biru,
  ada burung berkidung.

  Ya..demi masa dan waktu
  Kutunggu,  penuh rindu.

  "' Selamat Tahun Baru  - Happy New Year 1428 H'"

  London,  30 Januari 2007

  'Barang siapa yang hari ini (amalnya) sama dengan hari kemarin maka dia
merugi. Barang siapa yang (amalnya) hari ini lebih jelek dari kemarin, maka
akan dilaknat, sedangkan yang disebut beruntung adalah mereka yang amalannya
hari ini lebih baik dari amalan hari kemarin' . (hadith)

Kirim email ke