Bismillaah

Assalamu'alaikum wa rohmatullohi wa barokatuhu

10. BERDO'A

Allah Ta'ala berfirman :

(  Dan katakanlah: "Wahai Rabb-ku, aku berlindung kepada Engkau dari
bisikan-bisikan syaithan. Dan aku berlindung (pula) kepada Engkau wahai
Rabb-ku, dari kedatangan mereka kepadaku." ) ( Al-Mu'minuun : 97 - 98 )

Ketika Seorang Lelaki Hendak Berhubungan Dengan istrinya

Ibnu 'Abbas radhiyalloohu 'anhuma meriwayatkan, Rasulullooh Shollalloohu
'alaihi wa 'alaa aalihi wa sallam bersabda , " Seandainya salah seorang di
antara kalian hendak mendatangi istrinya, dia berdo'a :

بِسْمِ اللهِ اَللَّهُمَّ جَنِّبْنَا الشَّيْطَانَ وَجَنِّبِ الشَّيْطَانَ مَا
رَزَقْتَنَا.

( Dengan nama Allah, Ya Allah, jauhkanlah aku dari syaithan dan jauhkanlah
syaithan dari apa yang Engkau rezkikan kepadaku ). Bila terlahir dari keduanya
seorang anak, maka syaithan tidak dapat membahayakan anaknya dan tidak dapat
menguasainya.65
65).   Diriwayatkan oleh Al-Bukhary ( 6 / 415 / 3283 ) dan ini adalah lafadznya
dan dikeluarkan oleh Muslim ( 10 / 5 / 1434 )

Sebelum Memasuki Suatu Negeri

Dari Shuhaib bin Sinaan radhiyalloohu 'anhu, beliau berkata," TIdaklah
Rasulullooh Shollalloohu 'alaihi wa 'alaa aalihi wa sallam melihat suatu negeri
yang hendak beliau masuki, kecuali - ketika melihatnya - beliau Shollalloohu
'alaihi wa 'alaa aalihi wa sallam berdo'a :

( Ya Allah, Rabb langit yang tujuh dan apa yang dinaunginya, Rabb bumi yang
tujuh dan apa yang disandangnya, Rabb para syaithan dan apa yang mereka
sesatkan, serta Rabb angin dan apa yang terbawa bersamanya. Sesungguhnya kami
meminta kepadaMu kebaikan negeri ini dan kebaikan penduduknya, dan kami
berlindung kepadaMu dari kejelekan dan kejahatan apa yang ada padanya. 66
=================================================================================
66).   Diriwayatkan oleh An-Nasa'iy dalam 'Amalul Yaum wal Lailah " ( 367 ) dan
Al-Hakim ( 2 / 100 ) dan dishohihkan olehnya dan disepakati oleh Adz-Dzahaby.
Dan hadits ini terdapat dalam Ash Shohiihul Musnad  ( 1 / 376 ) karya Syaikh
kami al-Imam Al Wadi'iy dan dalam Ash-Shohihah  karya Al-Albany ( 2759 )

Ketika Keluar Menuju Masjid

( Dengan membaca )

بِسْمِ اللهِ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ، اَللَّهُمَّ
إِنِّيْ أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ، اَللَّهُمَّ اعْصِمْنِيْ مِنَ الشَّيْطَانِ
الرَّجِيْمِ.

( Dengan nama Allah, sholawat dan salam terhadap Rasulullooh. Ya Allah,
sesungguhnya aku meminta kepada Mu dari keutamaan-Mu. Ya Allah, jagalah aku
dari syaithan yang terkutuk.)" 67
67).   Diriwayatkan oleh Ibnus Sunny ( 88 ) dan Ibnu Majah dan hadits ini
terdapat dalam Shohih Ibni Majah ( 1 / 129 ) karya Al-Albany

Ketika Hendak Masuk Ke Tempat Buang Hajat

( Dengan membaca )

  [بِسْمِ اللهِ] اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْخُبُثِ
وَالْخَبَائِثِ.

( Dengan nama Allah. Ya Allah aku berlindung kepadaMu dari syaithan laki-laki
dan syaithan wanita ). 68
68).   Diriwayatkan oleh Al-Bukhary 1 / 322 no. 142 dan 6322 dan Muslim 4 / 61
no. 375. ( Tambahan basmalah lemah ( syadz ) dari hadits Anas bin Malik dan
tidak terdapat dalam riwayat Al-Bukhary dan Muslim, maka menisbatkannya kepada
riwayat Al-Bukhary dan Muslim adalah kekeliruan dari penulis. Namun basmalah
adalah do'a tersendiri sebagaimana dalam sebuah hadits yang hasan dari seluruh
jalan-jalannya.pent

11. ADZAN

Dari Abu Hurairah radhiyalloohu 'anhu, sesungguhnya Rasulullooh Shollalloohu
'alaihi wa 'alaa aalihi wa sallam bersabda :

" Bila adzan dikumandangkan maka syaithan akan lari terkentut-kentut sehingga
dia tidak bisa mendengar adzan. Maka bila adzan telah selesai dikumandangkan,
dia pun datang kembali... 69 .

Dan dari Suhail radhiyalloohu 'anhu, beliau berkata : Ayahku pernah mengutusku
ke Bani Haaritsah dan bersamaku budak kami - atau teman kami -. Maka ada
panggilan - dari balik tembok - yang memanggil namanya. Maka orang yang
bersamaku itu naik ke atas tembok, akan tetapi dia tidak melihat apa-apa.
Kemudian aku ceritakan hal tersebut kepada ayahku. Maka beliau berkata ( -
Seandainya saya mengetahui engkau akan menjumpai hal ini, niscaya saya tidak
akan mengutusmu. Akan tetapi bila engkau mendengar suara, maka kumandangkanlah
adzan. Karena sesungguhnya saya mendengar Abu Hurairah radhiyalloohu 'anhu
bercerita dari  Rasulullooh Shollalloohu 'alaihi wa 'alaa aalihi wa sallam
bahwa beliau Shollalloohu 'alaihi wa 'alaa aalihi wa sallam bersabda :

" Sesungguhnya syaithan - bila dikumandangkan adzan dia akan pergi dalam
keadaan kentut dengan suara keras. 70
=================================================================================
69).  Diriwayatkan oleh Al-Bukhary 3 / 133 no. 1231 dan Muslim 4 / 79 no. 389,
dan ini adalah lafadz Muslim.
70).  Diriwayatkan oleh Muslim 4 / 79 no. 389. ( Makna Al-Hushoosh adalah
kentut dengan suara keras atau bermakna penuh permusuhan. pent )

12. MENDHINDARI Untuk MELAKSANAKAN SHOLAT Ketika MATAHARI TERBIT Dan KETIKA
MATAHARI TERBENAM

Dari Ibnu 'Umar radhiyalloohu 'anhuma, beliau berkata Rasulullooh Shollalloohu
'alaihi wa 'alaa aalihi wa sallam bersabda :

" Bila lingkaran matahari telah terbit maka tinggalkanlah sholat sampai dia
nampak, dan bila lingkaran matahari akan terbenam maka tinggalkanlah ( sholat
) sampai dia terbenam." Dan dalam riwayat yang lain," janganlah kalian memilih
waktu sholat kalian ketika matahari terbit dan ketika matahari terbenam. Karena
sesungguhnya dia terbit di antara dua tanduk syaithan - atau
syaithan-syaithan. 71
=================================================================================
71).  Diriwayatkan oleh Al-Bukhary 6 / 413 no. 3272, 3273 dan Muslim 6 / 98 no.
828

13. MELURUSKAN SHOF-SHOF Dalam SHOLAT Dan MENUTUP SHOF-SHOF Yang KOSONG DI
ANTARA ORANG-ORANG Yang SHOLAT

Dari Anas radhiyalloohu 'anhu, Rasulullooh Shollalloohu 'alaihi wa 'alaa aalihi
wa sallam bersabda :

"Luruskanlah shof-shof kalian, rapatkanlah di antaranya, dan luruskanlah antara
leher-leher. Demi Yang jiwaku berada ditanganNya, sesungguhnya saya betul-betul
melihat syaithan masuk di sela-sela shof-shof- seperti anak kambing hitam -.

14. SHOLAT SUBUH BERJAMA'AH

Dari Jundub bin 'Abdillah radhiyalloohu 'anhu, Rasulullooh Shollalloohu 'alaihi
wa 'alaa aalihi wa sallam bersabda :

" Barangsiapa sholat subuh berjama'ah, maka dia berada dibawah dzimmah Allah.72
=================================================================================
72). Diriwayatkan oleh Muslim 5 / 134 no. 657. Berkata An-Nawawy " Dzimmah, ada
yang berkata ia adalah tanggung-jawab dan ada yang mengatakan jaminan keamanan.

15. SHOLAT SUNNAH DI RUMAH

Dari Ibnu 'Umar radhiyalloohu 'anhuma, beliau berkata. Sesungguhnya Nabi
Shollalloohu 'alaihi wa 'alaa aalihi wa sallam bersabda :

" Jadikanlah sebagian dari sholat kalian di rumah-rumah kalian. Dan jangan
kalian menjadikan nya ( rumah-rumah ) sebagai kuburan. 73

Berkata An-Nawawy rahimahulloh Ta'ala, " Beliau Shollalloohu 'alaihi wa 'alaa
aalihi wa sallam memotivasi untuk melaksanakan sholat sunnah di rumah
disebabkan hal itu lebih mudah, lebih menjauhkan dari riya, lebih menjaga dari
perkara-perkara yang bisa menghapuskan amalan. agar rumah berberkah dengannya,
agar rahmat dan para malaikat turun kepadanya, serta membuat syaithan lari
darinya."
 73). Diriwayatkan oleh Muslim 5 / 59-30 no. 777

Walloohu A'lam

dari Buku : BENTENG MUKMIN DARI MAKAR SYAITHON DAN JIN
Karya : Yahya Bin Muhammad Bin Qasim Ad-Dailami Al-Yamani
Diterjemahkan oleh : Dzulqarnain bin Muhammad Sunusi

Bersambung Insya Alloh..

Walhamdulillaah

Wassalamu'alaikum wa Rohmatullohi wa Barokatuhu