Keterangan Al Lajnah Ad Da-imah (Komisi Fatwa di Saudi Arabia) Mengenai Puasa
pada Hari Sabtu

Berikut Fatwa Al Lajnah Ad Da-imah lil Buhuts ‘Ilmiyyah wal Ifta’.

Soal:

Kebanyakan orang di negeri kami berselisih pendapat tentang puasa di hari
Arofah yang jatuh pada hari Sabtu untuk tahun ini. Di antara kami ada  yang
berpendapat bahwa ini adalah hari Arofah dan kami berpuasa karena bertemu hari
Arofah bukan karena hari Sabtu yang terdapat larangan berpuasa ketika itu. Ada
pula sebagian kami yang enggan berpuasa ketika itu karena hari Sabtu adalah
hari yang terlarang untuk diagungkan untuk menyelisihi kaum Yahudi. Aku sendiri
tidak berpuasa ketika itu karena pilihanku sendiri. Aku pun tidak mengetahui
hukum syar’i mengenai hari tersebut. Aku pun belum menemukan hukum yang jelas
mengenai hal ini. Mohon penjelasannya.

Jawab:

Boleh berpuasa Arofah pada hari Sabtu atau hari lainnya, walaupun tidak ada
puasa pada hari sebelum atau sesudahnya, karena tidak ada beda dengan hari-hari
lainnya. Alasannya karena puasa Arofah adalah puasa yang berdiri sendiri.
Sedangkan hadits yang melarang puasa pada hari Sabtu adalah hadits yang lemah
karena mudhtorib dan menyelisihi hadits yang lebih shahih.

Hanya Allah yang memberi taufik. Shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad,
keluarga dan sahabatnya.

Yang menandatangani fatwa ini: ‘Abdullah bin Ghodyan sebagai anggota, ‘Abdur
Rozaq ‘Afifi sebagai Wakil Ketua, ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdillah bin Baz sebagai
Ketua. [Fatwa Al Lajnah Ad Da-imah lil Buhuts ‘Ilmiyyah wal Ifta’ no. 11747,
juz 10, hal. 397, Mawqi’ Al Ifta’]

Demikian pembahasan kami yang singkat ini. Semoga dengan pembahasan ini dapat
menghilangkan keraguan yang selama ini ada mengenai berpuasa pada hari Sabtu.
Semoga bisa menjadi ilmu yang bermanfaat.

http://rumaysho.com/hukum-islam/puasa/2781-apakah-puasa-hari-sabtu-terlarang.html

--disampaikan akhi Massidiq pada group taklim Al Ilmu 69--