Salamun'alaykum

Pasukan Aisyah memang perang dengan pasukan Ali
Tapi itu bukan perang agama Islam
itu perang antara pemberontak dengan penguasa
itu perang antara pembatal baiat dengan penguasa
itu perang karena pertentangan Aisyah dan Ali
ribuan orang mati
tidak mungkin keduanya benar
mungkin saja keduanya salah
atau hanya satu yang benar.

Tuan jusfiq kurang pintar
tuan jusfiq kurang wawasan
tuan jusfiq kurang bijaksana
tuan jusfiq mulutnya kotor

Jerman dengan Hitlernya
apa Nasrani bunuh sesamanya
apa Nasrani bantai Yahudi
Apa Nasrani perang dengan Shinto
Semuanya kepentingan penguasa
agama paling dipakai sebagai alat

Perang salib
bukan perang antara Nasrani dan Islam
tapi perang penguasa yang haus kekuasaan
pakai alasan agama Nasrani dan islam
biar dapat dukungan

Perang antara Turki dan Persia
bukan perang antara Sunnah dan Syi'ah