To:                     [EMAIL PROTECTED]
From:                   "Zhao Yun" <[EMAIL PROTECTED]>
Date sent:              Fri, 18 Aug 2000 04:29:04 GMT
Subject:                [proletar] Tantangan Jusfiq dan Puti (was: RAKYAT KECIL - Teka
Teki Nasional)

> Nah,
> Menjawab tantangan Jusfiq, ttg tanggung jawab moral dalam mendukung PDI-P
> kemarin (sehingga PDI-P menang, dan menjadi 'penguasa'...), saya kira
> ketiga
> golongan ini sampai hari ini saya kira masih tetap konsisten memberi
> dukungannya terhadap PDI-P - dengan segala kekurangan dan kelebihannya (
> yg
> secara pribadi saya melihat banyak kurangnya daripada lebihnya).
>
> The bigger question is : Do they have better choice ??

    Ada, yaitu abstain dan menyatakannya.

    Dengan abstain kita tidak memberikan legitimasi kepada rezim
    yang akan naik - siapapun yang akan memipin dan partai apapun
    yang akan menjadi pemenang - dan kita tidak memikul tanggung
    jawab moril atas kesalahan yang dari dulu kita sudah tahu akan
    dilakukan oleh siapapun yang akan menang.

    Pendirian inilah antara lain yang dipegang Saleh Abdulah dan -
    seingat saya - George Aditjondro.

    Dan Kwik ah Kwik, yang ikut menipu orang Tionghoa dan dunia
    dengan menerima menjadi semacam juru bicara Meg ketika itu.

    Dia tahu - saya yakin - akan kegoblokan Megawati (kalau saya tahu
    dia TIDAK MUNGKIN TIDAK  tahu) tapi toh didukungnya Megawati.

    Dia ikut bertanggung jawab besar secara moral atas apa yang
    terjadi sekarang.