Ditahun-tahun pertama adanya dunia internet, berbagai mailing
    list dipenuhi oleh fundemenalis seperti Ahmad Sudirman, Zulfan,
    Agung Prima entah apa,  wsahrir, Adriaan entah apa tapi pakai
    MBA dll.

    Isi omogan mereka itu terutama dusta, omong kosong,
    ketololan-ketololan dan kebencian terhadap ummat Nasrani, Yahudi
    dan 'Barat'..

    Mula-mula banyak orang yang termangu-mangu dengan omongan mereka
    karena mereka mengatas namakan Allah...

    Tapi lama-lama toh kelihatan bahwa ada yang tidak beres dengan
    ocehan  mereka: bagaimana orang seperti Sudirman hidup di Swedia
    dan menikmati kebabasan negara sekuler tapi getol menyatakan
    pendapat yang anti negara sekuler. Kenapa dia tidak hidup di
    Madinah atau di Aljazair?

    Atau omong kosong seperti  Islam yang kaffah yang tidak jelas apa
    artinya.

    Lalu pemecahan masaalah dunia yang mereka usulkan adalah kembali
    ke zaman Nabi, artinya ke zaman naik onta dan kebudaya  main
    pancung dan sembelih.

    Ya nggak bisa diterima nalar!

    Dan sekarang, satu demi satu mereka itu menghilang dari berbagai
    mailing list atau ngumpet dimailing list pingitan.

    Yang tinggal diberbagai mailing bebas hanya yang paling sedeng
    diantara mereka, seperti adriaan MBA entah apa dan pelacur nama
    istri atau ws-sahrir (saya ngak tahu apa nulisnya begini).

    Tapi berapa lama orang-orang sedeng ini akan bisa bertahan
    menyebar dusta dan ketololan serta kebencian terhadap penganut
    agama lain, terutama penganut agama Nasrani dan Yahudi?

    Saya yakin tidak akan lama, karena dusta dan ketololan mereka itu
    begitu gede: lebih gede dari ikan paus bunting.

    Saya kira  kita sedang melangkah maju dalam pengembangan pikiran
    Islam.

Kirim email ke