Mohon maaf sekian lama vakum dari layar tancap online,

Saya berkecimpung dibidang kesehatan sudah hampir 1 tahun, dan
diamati ada ribuan penyakit yg siap memangsa orang-orang yg tidak
punya daya tahan fisik..

Tetapi yg saya pikirkan bukanlah proses juga metode kesembuhannya,
tetapi keterkaitan antara kemampuan ekonomi dan aktivitas dokter..
yaitu interaksi ekonomi antara dokter dan pasien...

Saya amati ada banyak pasien tak mampu yg telah jatuh miskin
tersebab ada salah seorang  anggota keluarga tertimpa semacam
penyakit.. terakhir didaerah Indramayu dimana si anak terkena tumor
dileher telah bikin nestapa kesejahteraan keluarga.. si bapak yg
hanya buruh perusahaan telah menghabiskan hampir 17 juta tanpa hasil
apa-apa, sementara kartu gakin ( keluarga Miskin) yg dia pegang
sepertinya tidak punya pengaruh apa-apa dalam meringankan biaya
berobat.. Mungkin dia telah jual sebagian harta dan mulai berfikir
kenapa sianak tidak meninggal saja???

Saya pikir disini siapa yg rugi besar dan siapa yg untung besar????
Yg rugi jelas pihak yg berobat, sementara yg untung adalah dunia
farmasi, rumah sakit tempat dia bolak balik dan pasti para Dokter yg
melakukan Diagnosa..

Artinya penyakit adalah untaian kerugian bagi si penderita, baik
materi maupun moril yg diperparah dgn biaya berobat mahal...

Saya kira upaya meringankan biaya adalah tanggung jawab pemeriksa ,
dimana disini mungkin dokter-dokter praktek... Nyatanya Dokter juga
ambil manfaat ekonomi dari penderitaan si penderita.. Sementara
Dunia farmasi adalah bagian dari mesin-mesin kapitalisme dimana
produksi tinggi dgn keuntungan besar adalah kiblat utama...

Ini dilema besar bagi si penderita... penyakit datang identik dgn
kemunduran ekonomi.. sementara bagi dunia farmasi, penyakit mewabah
identik artinya dgn permintaan tinggi yg menjanjikan keuntungan
besar...

Saya berharap Dokter-dokter kita akan lebih berjiwa sosial dimasa-
masa mendatang dan kalau bisa melakukan semacam dobrakan
revolusioner untuk memurahkan obat-obatan baik yg paten maupun yg
generik.. tentunya yg harus bersuara adalah pihak yg berkompeten
dalam hal ini Dokter-dokter yg berada di departemen Kesehatan juga
yg saat ini berada di teras depan dari organisasi IDI..

Sang

--- In dokter@yahoogroups.com, huru hara <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Yth. Sdr. Sang (A man from Minangkabau)
>   Saya sangat Consent dan sedikit tergugah dengan yang pernah anda
lontarkan di media ini...
>   Kalau boleh saya tahu, apa latar belakang anda melontarkan
permasalahan tersebut.. karena menurut saya pernyataan tersebut
sangat menarik... Kita bukan ingin mencari kesalahan dokter, namun
mencari sedikit keseimabngan antara dokter dan pasien/ Konsumen...
>   Saya sangat berterima kasih bila anda mau sedikit berbagi
tentang latar belakang hal tersebut.. apalagi bila anda sudi untuk
memberikan sedikit pencerahan beserta data ...
>   Sebelumnya Maaf, saya bukanlah dokter walau sedikit mengetahui
tentang masalah kesehatan.. namu saya melihat perbedaan yang jauh
antara posisi pasien dan dokter... atau apa yang dilakukan dokter
terhadap anak2 negeri ini... Korupsi kah ? Kemiskinan kah ?
>   Mohon maaf... namun saya sangat butuh data dibalik hal
tersebut..
> [...]
>
> Saya pikir tidak ada salahnya, dokter-dokter kita perlu tahu
sedikit
> penilaian dari para konsumen dan pasien pengguna jasa Dokter.. Ada
> banyak hal yg perlu diketahui oleh Dokter-dokter semua ttg apa yg
ada
> dalam pemikiran pasien dan masyarakat awam ttg para dokter..
>
> Saya mungkin telah bikin resah sebagian pak dan buk dokter,
betulkan
> demikian parah persepsi seorang dokter dimata stakeholder pengguna
> jasa???
>
> Mungkin saya adalah kecualian, dimana memang demikianlah
kesimpulan yg
> [...]
> kedokter umum dan spesialist, sementara puskesmas dgn obat-obat
> subsidi dan peralatan ala kadarnya tidak cukup mampu mengenyahkan
> penyakit dari badannya.. Dan akhirnya dia pulang membawa obat dari
> toko obat tsb dgn harapan ada kesembuhan...
>
> Saya tahu ada berbagai persoalan interen dalam badan Departemen
> Kesehatan sendiri yg begitu amburadul dalan hal pengurusan
penempatan
> Dokter PTT, juga seabrek kerumitan lain ttg surat Izin Prakter,
> danjuga mungkin gaji teramat kecil bagi sebagian dokter tertentu..
Ini
> [...]
ini
> mohon maaf yg sebesar-besarnya atas berbagai ketidak laziman dan
> selamat berlebaran bagi dokter-dokter kita yg muslim, mohon maaf
lahir
> dan Bathin. juga bagi yg non Muslim saya ucapkan salam Damai
selalu..
> Semoga kita semua selalu dalam LindunganNya.. Amin
>
> I am sorry.. soo sorry, but it's my way... thankyou for all...
>
> Sang
>
> A man From Minangkabau
>

>  Send instant messages to your online friends
http://uk.messenger.yahoo.com

Dapatkan informasi kesehatan gratis
Mailing List Dokter Indonesia
http://www.mldi.or.id