Pak Bayu,
sebenarnya -seperti telah lama disebutkan- bahwa
pandemi memang akan terjadi.  Untuk itu, saya kok
berpikir bahwa persiapan pandemi sudah saatnya
dilakukan sekarang, selain upaya maksimal sekarang
memotong rantai penularan.
Kalau boleh pakai analogi banjir Jakarta, tentu paling
bagus kalau tidak banjir, tetapi kalau toh banjir
datang maka seyogyanya sejak sebelum banjir maka
perahu karet sudah disiapkan, tenda pengungsi dengan
logistik dan makanan/dapur umumnya sudah ada,
fasilitas kesehatan keliling sudah siap, dan semuanya
sudah latihan sejak sebelum banjir datang.
Artinya, saya tetap usul agar mulai sekarang kita
siapkan berbagai sarana dan prasarana (dan semuanya
latihan) untuk menghadaapi Pandemi.
Sebagai ilustrasi, ada wartawan BBC tanya saya, "How
many beds do you have in this hospital for AI", saya
jawab  :"we prepared 12 beds", perrtanyaan berikutnya
dia "so what will you do if hundreds of patients
come?". Tentu saya bisa jawab dengan akan meningkatkan
kapasitas, kerjasama antar RS dll, tetapi saya kira
bagus kalau hal-hal itu disiapkan sejak sekarang.
Dan masalahnya tentu bukan hanya kesehatan, bagaimana
transportasi, kepanikan sosial, ekonomi dll., semuanya
saya usul kita buat table top scenarionya (sebagian
sudah dibuat) dan langsung latihan / simulai sehingga
kalau Pamdemi datang melanda maka kita sudah siap

Tjandra Y Aditama

=== message truncated ===

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional