Kecuali ada masalah hormonal maka biasanya semuanya berakar pada
bagaimana anda berpikir
Pada diri setiap manusia maka tingkatan kepribadian yang mempunyai sifat
flexible seperti  Knowledge - Moral - Wishes - Spirit  tidak berada pada
suatu tingkatan yang tetap tetapi akan mengalami pasang surut setiap
saat sebagai akibat gempuran virus virus CeMas -Reseh - MaraNiYe- AmOral
dan MasaBodo pada perasaan anda, sehingga pada akhirnya melakukan
tindakan yang salah yang berakibat fatal bagi keberhasilan anda

Sebelum melakukan sebuah tindakan coba anda pantau terlebih dahulu
dengan seksama dan dengan penelitian yang keras perihal keadaan tingkat
ke-4 faktor pribadi tersebut diatas. Apabila pada achirnya anda
berkesimpulan bahwa ke-4 faktor pribadi tersebut berada pada keadaan
rendah, janganlah malu untuk mengakuinya dan jangan  nekat mengadakan
suatu tindakan.

Kemungkinan "knowledge" anda berada di tingkat yang tinggi, tetapi
"moral - wishes - spirit" berada ditingkat yang rendah, maka besar
kemungkinan anda akan melakukan tindakan yang tak bermoral atau "layu
sebelum berkembang"
Dalam menghadapi suatu permasalahan maka biasanya keadaan tingkat
kepribadian anda yang meliputi Pengetahuan - Moral - Keinginan -
Ketegaran akan menghasilkan keadaan Emosi seperti Puas - Marah atau Tak
Berdaya dengan keadaan hidup.
Jangan kaget apabila keadaan pribadi anda adalah sebagai berikut ini

 High

Middle

Low

Emotion
Knowledge
Moral
Wishes
Spirit
Dengan kekuatan kepribadian anda yaitu Pengetahuan - Moral - Keinginan -
Ketegaran maka anda dapat mempertahankan agar jarum penunjuk yang oleh
kekuatan gravitasi cendrung ditarik kebawah yaitu tingkat Marah dan Tak
Berdaya berhenti di tingkat Puas

Puas

Marah

Tak Berdaya
*         Netral - Permasalahan tidak menggangu pikiran
*         Marah atau Tak berdaya  - Permasalahan menggangu pikiran
*         Puas - Permasalahan menyenangkan pikiran
Untuk mencapai tingkat PUAS maka tidak ada cara lain daripada
meningkatkan komposisi Pengetahuan - Moral - Keinginan dan Ketegaran
Ketidak Puasan anda biasanya disebabkan  2 faktor yaitu terjadinya
mis-match antara "yang anda miliki" dan "yang anda ingin miliki" pada
"pemilikan materi" dan "hubungan sosial" sehingga timbul gangguan pada
pikiran anda

Hubungan Materi

Keterangan
Yang dimiliki
Yang ingin dimiliki
Menggangu

Rumah

Ya
Tidak

Mobil

Ya
Tidak

Ponsel

Ya
Tidak

Uang

Ya
Tidak

Hubungan Sosial

Dengan
Baik/sedang/buruk
Menggangu

Suami

Ya
Tidak

Istri

Ya
Tidak

Anak

Ya
Tidak

Saudara

Ya
Tidak

Orang Tua

Ya
Tidak

Boss

Ya
Tidak

Teman kerja

Ya
Tidak

Penyakit yg timbul karena jalan pikiran terganggu

Jangan anda remehkan akibat dari jarum penunjuk yang berada terlalu lama
di titik marah atau tak berdaya, karena penyakit ganguan jiwa akan
keluar dari persembunyiannya seperti Depresi,
Histeria,Phobia,Hypocondria disamping penyakit degeneratip seperti
diabetis, stroke,jantung,kolestrol,asam urat,kanker, alergi dsb.

Kenapa Marah, tak berdaya
Apakah hal itu akan mematikan.>>> Tidak

Yang bego siapa . >>>>Anda

Apa tidak ada jalan lain . >>> Ada

Kendala kesehatan semuanya bermuara pada diri anda dan tidak perlu
mencari kambing hitam sebagai penyebabnya.

"Mana mungkin aku salah, gue kan sarjana ", cergah anda,

Perlu diketahui bahwa gelar sarjana apapun tidak banyak menolong anda,
apabila tidak bertindak selayaknya seorang sarjana.
       Isilah DaftarIsianPribadi tersebut diatas dengan benar, jangan
takut tidak ada yang mengetahui rahasia anda
*       Mungkin anda perlu latihan konsentrasi pikiran
*       Mungkin anda perlu mengontrol pengunaan pancaindra yang benar
melalui pengolahan pernapasan & gerak

Semoga cuplikan diatas dari buku saya  "membangkitan naga sosro"  dapat
membantu

Budi Machribie (F06592)
The SunFlamingo team
Wisma Metropolitan I 5th Fl