Hello Black Eagle,
Wah keren banget yah dg nama elang hitam.
Cukup bagus juga anda melemparkan persoalan teman anda ke anggota millis
ini, dan semoga jawaban2 yg muncul tdk malah membingungkan anda.

begini.
Saya ingin tanyakan pertanyaan yg sebenarnya cukup mengganggu saya
sebelum bisa menjawab pertanyaan anda ini:
Siapakah saya, siapakah anda, dan siapakah siapa yg lainnya yg mempunyai
hak begitu besar utk memutuskan kehidupan seorg anak yg masih dalam
kandungan, termasuk org tuanya dan Ibunya yg sedang mengandungi anak
tersebut????
(Dlm hal ini sang bayi sdh terbentuk dlm usia 8 minggu)

Saya pikir jawabanya bukan siapa2 dan bukan yg punya hak utk memutuskan
kehidupan mahluk ciptaan Tuhan yg paling istimewa tersebut yaitu manusia.

Setelah jawaban ini disetujui, barulah kita masuk kedalam alasan2
ygtentunya dibuat oelh manusia juga, baik utk menyetujui mau pun utk tdk
menyetujuinya mengakiri kehidupan sang cabang bayi tersebut.

Secara psikologis, sang Ibu yg mengandung sang anak sebagai hasil
hubungan cintanya dg sang suami mempunyai keterikatan batin, bahkan
seluruh system tubuhnya begitu berkolerasi sampai sampai kalau sang ibu
emosional maka sang bayi didalam bila sdh berbentuk akan ikut gelisah
dan menendang2.
kematian seorg anak bagi sang ibu biasanya tdk bisa dihilangkan dg hanya
bebrapa tahun atau pun bebrapa kejab, sebagai contoh, ibu saya yg sdh
berusia 83 tahun sampai kini masih selalu menyesalkan kenapa ketika
anaknya yg baru berumur 1 hari menderita panas tinggi, tdk dilakukan
penanganan yg baik oleh dokternya yg waktu itu masih dokter Belanda,
maupun oleh dirinya sendiri.

dalam kasus teman anda ini, sang ibu yg sedang mengandung memang sdh
menyadari bahwa anaknya sdh ada 5 dan tentunya juga sdh menyadari sejak
kehamilannya yg ini bahwa ia sedang hamil, sampai pada kondisi 2
bulannan kini, jadi dg sadar dan jelas bahwa ia tau ia bisa hamil, ia
tetap menjalankan aktifitas seksual secra normal tanpa proteksi, dan
juga sadar bahwa ia hamil, dan membiarkannya lewat sampai 2 bulan.
Artinya sang ibu benar2 memilki keterkaitan dg bayi yg dikandungnya
Salah satu kenalan saya yg sdh memilki anak pertama perm, dan kemudian
melahirkan anak kembar perm juga begitu saya telp utk mengucapkan
selamat, ia langsung mengatakan bahwa cukup, saya mau stop, ndak punya
anak lagi selanjutnya, artinya secra pengetahuan, jelas sang ibu ini tau
konsekswensi, dan tau bahwa kehgidupannya perlu diatur sedemikian agar
keluarganya cukup harmonis dg jumlah anak yg cukup.
Penegtahuan kontarsepsi saya kira sdh sangat umum bagi semua masyarakat
bahkan bentuk dan rasa kondom pun dikampanyekan sedemikian di TV, yg
semuanya dimaksud bukan utk sex bebas, tetapi utk mengatur kepemilikan anak.

Nah sampai disini, kalau tiba2 siapakah saya, siapakah anda, atau
siapakah suaminya yg teman anda lalu memutuskan utk mengakiri hidup sang
bayi dlm kandungan dg berbagai dalih, apakah sang Ibu yg mungkin harus
pasrah boleh menolak siapakah yg dg berbagai dalih ingin atau bahkan
memaksa mengakiri hidup sang bayi dlm kandungan bukannya membuat trauma
berkepanjangan bagi kehidupan sang Ibu sesudah ini????

Taruhlah sang Ibu yg sangat penurut n tdk bisa membela haknya menurut
utk di lakukan aborsi bagi bayi dlm kandungannya, meskipun trauma
psikis, rasa bersalah, rasa berdosa menyelimuti seluruh sisa hidupnya,
maka baiklah kita tinjau apa yg dilakukan dg sang bayi?

Secara mekanik, bayi dlm kandungan bukan hanya sekedar menempel pada
dinding rahim, tetyapi penempelannya boleh dikatakan sebagai tumbuh dlm
jaringan kandungan ybs.
SAaya ambil contoh kutil yg kecil, ada ditangan, atau mungkin dibadan,
lalu anda ambil pompa motor atau mobil dan menarik sang kutil sampai
trlepas dari tubuh, apa yg terjadi dg bagian tubuh yg sobek itu????

Sakit, so pasti, luka so pasti, tetapi apakah hanya demikian, tentu
jangan lupa bahwa perbaikan jaringan yg di tarik paksa dari tubuh yg
sekecil itu (kutil) tentunya akan memkan waktu yg cukup lama.
Nah yg ditarik paksa tersebut ternyata bukan sekedar kutil yg tumbuh
dikulit kasar, tetapi adalah bayi yg menempel dlm jaringan halus lunak
dlm rahim sang Ibu, tentu saja sakitnya melebihi kutil, dan perbaikannya
juga lebih lama dari kutil ya???
belum lagi perdarahannya dstnya.

Beda halnya bila sang IBu memang dari semula tdk menghendakinya dan
kemudian sdh melakukan proteksi baik dg kondom, jelly, IUD, atau apa
sajalah yg menghamabat terjadinya persekutuan kedua cel kelamin
tersebut, lalu masih juga hamil, maka tentu dg segera sang Ibu tau dia
hamil dan dg segera pula tindakan bisa dilakukan.

Tdk selalu aborsi memperbaiki kondisi ibu, kecuali bila sang cabang bayi
sudah meninggal dlm kandungan itu lain halnya, dario bebrapa posting di
millis seksologi ternyata banyak juga keluhan yg disebabkan oleh aborsi
tersebut.

Dengan demikian, pembahasan saya saya kira cukup dulu, mengingat kalau
dipenuhi terus akan sangat banyak faktor pertimbangan baik fisik,
psikologi, kesehatan maupun materi yg sebenarnya merupakan pemberian
Tuhan juga materi itu.
Demikian, semoga bermanfaat,
Wassallam,

black eagle wrote:

>Dear para dokter dan rekan miliser,
>mohon bantuan pendapatnya terhadap masalah yg satu ini;
>Ada rekan saya,pasangan suami istri yang sudah di karuniai 5 orang anak yg
>lucu-lucu.Entah karena ketelodoran atau salah perhitungan,istri rekan tsb
>hamil lg,selama ini mereka hanya menggunakan kb dg perhitungan kalender
>saja.Nah karena demi pertimbangan anak2 mereka yg masih kecil yg mash butuh
>banyak perhatian,pertimbangan ekonomi,trus kesibukan si istri yg bekerja
>sambil sedang menempuh pendidikan maka mereka menjadi bingung dg kehamilan tsb
> [...]

Home is just a click away.  Make Yahoo! your home page now.
http://us.click.yahoo.com/DHchtC/3FxNAA/yQLSAA/wrSolB/TM