Saya jawab aja berdasarkan pencarian di google , ya Bu...
  1. Yang lebih baik ya tentu saja yang lengkap, MMR
  2. MR dan MMR sendiri sebenarnya hanya imunisasi sekunder alias tidak masuk
ke dalam imunisasi pokok di Indonesia. MMR diberikan usia diatas 15 bulan
(Menurut dr. Iwan Darmansyah). Dan menurut beliau juga ketiga penyakit yang
bisa dicegah oleh imunisasi MMR ini tidaklah berbahaya, apalagi cuma penyakit
mumps/gondongan/bengkak pada kelenjar ludah. Buka di
http://www.iwandarmansjah.web.id/forum.php?m=view&id=615 dan
(http://www.kompas.co.id/konsultasi/baca.cfm?id=6D07F083-5284-4D49-BD81C4B98981D034&mode=K_Anak_Free).

  Jadi, menurut saya tidak perlu, karena jadwal kedua MMR sendiri dilakukan
sebelum anak sekolah SD (umur 5-6 tahun). Lihat di
http://www.medicastore.com/med/detail_pyk.php?id=&iddtl=81&idktg=19&idobat=&UID=20070418114338202.169.234.234
  3. Menurut isu :-) di RS Siloam Tangerang ada. Tapi saya tidak tahu pasti.
Yang jelas sangat sulit ditemukan dan jarang sekali dilakukan imunisasi per
penyakitnya. ?Imunisasi tunggal untuk setiap komponen MMR hanya digunakan pada
keadaan tertentu, misalnya jika dianggap perlu memberikan imunisasi kepada bayi
yang berumur 9-12 bulan. Lihat di
http://www.medicastore.com/med/detail_pyk.php?id=&iddtl=81&idktg=19&idobat=&UID=20070418114338202.169.234.234
  Referensi tentang salah kaprah tentang imunisasi MMR lihat di:
http://www.sehatgroup.web.id/artikel/223.asp?FNM=223 dan
http://www.balita-anda.indoglobal.com/imunisasiMMR.html serta
http://puterakembara.org/rm/Alergi4.shtml
  Jadwal Imunisasi menurut WHO:

Saat lahir            Hepatitis B 1
1  - 2 bulan         BCG
2 bulan               Hepatitis B 2, DPT 1, Polio 1, HiB 1
4 bulan               DPT 2, Polio 2, HiB 2
6 bulan               Hepatitis B 3, DPT 3, Polio 3, HiB 3
9 bulan              Campak
12 - 15 bulan      MMR
18 bulan             DPT 4, Polio 4, HiB 4
24 bulan             Tifus, Hepatitis A 1
30 - 36 bulan     Hepatitis A 2
5 - 6 tahun         MMR 2, DPT 5, Polio 5Tifus 2
10 tahun             dT, Polio
  Untuk Varilix ( cacar air ) usia : 13 bulan ketas

mailmara21 <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
          terima kasih atas perhatiannya...
anak saya usia 3 th mendapat undangan utk imunisasi MR (bukan MMR).
Nah,pertanyaan saya :
1. setau saya kalo imunisasi MR itu utk measles dan rubella, dan MMR
utk mumps,measles dan rubella...mana yg lebh baik utk imunisasi anak
saya?
2. jika sdh mendapatkan imunisasi MR, apa perlu imunisasi MMR lagi
(utk mumps-nya)?
3. jika tidak perlu MMR lagi, apa ada di indonesia imunisasi khusus
utk mumps-nya?

sekian terima kasih atas jawaban/advisenya

--- In dokter_umum@yahoogroups.com, Widodo Wirawan <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> Coba diulangi lagi pertanyaannya, Bu, siapa tahu
> memang tidak tidak sempat terbalas oleh anggota milis.

> http://mail.yahoo.com

Widodo Wirawan, dr
Magister Kebijakan & Manajemen Pelayanan Kesehatan
Gedung IKM, Lt. 1 FK UGM
Jl. Farmako, Sekip Utara, Yogyakarta 55281
Telp. (0274) 547659 Fax. (0274) 542900
http://wwirawan.web.ugm.ac.id/