Pertama harus dibedakan, apakah itu keloid ataukah post burn
contracture scar (jaringan ikat yg kontraksi setelah mengalami luka
bakar) hal ini sangat penting karena penanganannya nanti akan sangat
berbeda. utk pbcs biasanya bisa dilakukan operasi utk merelease
melepas jaringan ikat yang kontraktur dan apabila dibutuhkan bisa
dilakukan skin graft atau mungkin flap dan penatalaksanaan pasca
operasi tdk begitu sulit. tapi kalau memang keloid relatif lebih
susah, karena kalaupun di operasi dan jaringan keloid dibuang
kemungkinan untuk muncul lagi sangat besar, skin graft juga tidak
dianjurkan karena donor site (daerah donor mungkin akan menjadi
keloid juga) biasanya dilakukan pembuangan jaringan keloid,
dilakukan perawatan pasca operasi dengan pressure garment dan
mungkin penyuntikan steroid tapi tetap kemungkinan terjadinya keloid
ulang cukup besar. untuk lebih baiknya sebaiknya anda hubungi dokter
bedah plastik terdekat

salam

ibay

--- In dokter_umum@yahoogroups.com, "rokolu" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> boleh tanya??
> gini doc, saya ingin tau dong apa sih keloit itu sebenaranya???
> dan apa benar penyembuhan keloit itu bukan dengan cara di oprasi??
>
> masalahnya gini dok..
> saya bersama teman2 sedang menjalankan rencana bantuan terhadap
> keluarga tidak mampu yang memiliki anak perempuan berumur 10 tahun
> dan menderita keloit..
>
> kl menurut infonya anak ini setahun yang lalu mengalami kecelakaan
> yaitu tersiram air panas yang baru saja masak...
> luka bakar itu mengenai hampir keseluruhan badannya..
> [...]

Kirim email ke