Salam kenal Bung Johannes,
Gejala asam urat yang klasik adalah nyeri, bengkak, merah dan hangat
pada sendi2 kecil yang terkena, yang paling sering adalah sendi jempol
kaki, pada saat terjadi serangan. Peradangan karena asam urat hanya
mengenai persendian yang kecil. Pada keadaan lanjut akan terbentuk
benjolan2 deposit asam urat. Kadang2 benjolan ini sampai pecah dan akan
keluar massa putih yang menyerupai pasta gigi. Untuk mengetahui apakah
gejala yang Bung Johannes rasakan itu akibat asam urat atau bukan, bisa
dilakukan pemeriksaan kadar asam urat dalam darah. Kalau nyeri pada
ujung kuku kaki kiri, bisa disebabkan juga karena iritasi atau
sensitifitas yang meningkat pada saraf2 tepi di bagian tersebut. Semoga
jawaban ini bisa membantu.