Ada beberapa penyebab sakit di telapak kaki.

1]Metarsalgia. Penyebabnya dari saraf atau pemakaian sepatu yang
terlalu sempit atau hak yang terlalu tinggi.

Solusi: gantilah sepatu Anda dengan yang tidak memakai hak dan yang
tidak terlalu sesak. Untuk mengurangi rasa sakit, beri alas empuk di
dalam sepatu Anda. Kalau Anda harus menggunakan sepatu berhak
tinggi, kurangilah dengan hanya menggunakan pada acara tertentu.

2]Plantar Fascitis. yaitu iritasi pada ligamen plantaris anterior
ditelapak kaki. Sering dialami orang dengan kelebihan berat badan.
Maklum, lokasi tumpuan berat badan berada di situ.

Solusi: Diusahakan menurunkan berat badan,
Pada saat nyeri hebat : Bisa dilakukan kompres dengan es batu kurang
lebih 15 menitan.,bisa juga ditambahkan obat oles berupa Feldene
atau Volteren gel. Atau dengan cara suntik anti sakit/anti inflamasi
di telapak kaki

3] Bisa juga gejala pinggang yang bermasalah, karena sering duduk
terlalu lama, sementara olah raga tidak pernah.

Solusi : Perbanyak minum air putih dan olah raga yang teratur.

Salam

Anton Goland

--- In dokter_umum@yahoogroups.com, ALAM ALAM <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Dokter mohon bantuannya ?
> saya mempunyai penyakit di telapak kaki, kaki sering merasa sakit
dibagian tengah telapak kaki. saya sampai saat ini belum tau
disebabkan oleh apa !