Menahan pipis sebelum USG memang bisa membantu memperjelas gambar
pada saat USG.

USG itu bekerja menggunakan frekuensi gelombang ultrasonik,
frekwensinya ada disekitar 2 s/d 20 Megaherz per detik. Sebabai
perbandingan telinga normal manusia iut hanya bisa mendengar 20 s/d
20.000 herz per detik.

Lantas apa hubungannya antara menahan pipis dengan Gelombang
ultrasonik ?

Dengan menahan pipis diharapkan, kandung kemih yang membesar akan
mampu mendorong usus keluar dari rongga panggul sehingga rahim akan
lebih terdesak keluar, Rahim yang terdesak keluar ini tentu akan
lebih mempercepat memberikan respon gelombang ultrasonik yang
dikirimkan oleh komputer.

Gelombang balik dari rahim inilah yang disebut dengan Echo dan akan
ditangkap oleh alat yang dipegang oleh dokter  yang disentuhkan ke
perut anda. Alat itulah  yang disebut dengan tranduser.

Proses bolak balik ini akan dibaca oleh komputer dan berdasarkan
gelombang tersebut, komputer akan membuat image hitam dan putih
berdasarkan panjang gelombangnya, dan akan terbentuklah gambar dari
si calon bayi.

USG diatas perut umumnya menggunakan gelombang 3,5 Mhz. Dalam kasus
anda jika gambar image belum terbentuk, maka anda bisa meminta
dokter kandungan anda untuk melakukan USG Varginal. USG varginal
menggunakan gelombang antaa 5 s/d 7.5 Mhz, dan berhubung alatnya
juga dimasukkan melalui vagina, maka jarak antara tranduser dengan
rahim juga akan semakin dekat. Sehingga USG Varginal kemungkinan
besar akan terlihat lebih jelas, dan bisa memastikan anda hamil atau
tidak.

Salam

Anton Goland (bukan dr. golan :)

--- In dokter_umum@yahoogroups.com, ellyzabeth angelica
<ellyzabethangel...@...> wrote:

> slm dr .golan
>
> sy mau tanya sdh 3 bln sy blm mdpat haid  ,sy sdh test pack hasil
nya positif sy mgunakan test yg celup ,1 mgg kmudian sy dtng ke
rm.sakit untuk test lagi dan ternyata sy tdk hamil.yg mjadi
pertanyaan sy waktu sy periksa untk usg dokternya menyarankan untuk
saya minum yg bnyk same mau pipis baru  bisa di usg.karna saya tdk
mematuhi nya saya langsung msk tanpa ada rasa mau pipis dan hslnya
kosong.apa benar klo mau hrs punya rasa mau pipis dulu.thx unk
jawaban nya

<dzaynation@ ...>