Kalau anda sedikit lebih rajin utk buka di wiki:
http://en.wikipedia.org/wiki/Colon_hydrotherapy
Sangat jelas digambarkan ttg hal semacam.

Secara natural tubuh mempunyai mekanisme sendiri utk melakukan tindak
proses pencernaan, dan kemudian menajdiakan pertanyaan, kenapa timbul
ganggauan n anda berkepentingan utk mealkukan hydrotherapi tersebut.

Sangat tergantung pada system apa yg dilakukan, apakah sama sekali
membypass system dg memasukan caiaran (a/l air sabun dari dubur) atau
menggunakan produk2 semacam lazatif atau lainya, maka system akan bisa
berbahaya.
Belum lagi bila yg diguankan adalah bahan2 kimia, maka akan terjadi
pengrusakan flora di usus, membuat iritasi dlsbnya.

Jadi kembali pada apa yg saya tuliskan:
"Intinya semua sign tubuh perlu disikapi dg cermat, apa n kenapa,
sehingga tubuh bisa dibantu dg baik utk secara natural menjalankan
role of operation nya dg baik n benar."
 Artinya bahwa bila ada cancer usus, bukan berarti bahwa tubuh harus
disikapi dg membersihkan colon, tetapi apakah sebenarnya yg membuat
terjadi pertumbuhan jaringan di ususnya tersebut.
Kalu ternyata bahwa penggunaan colon hydrotherapilah yg saking
menggunakan p[eralatan yg kemduian memporakporandakan system tatanan
flora disnan n menimbulkan infeksi yg kemudian menjadi cancer, maka
tentu akan sangat memperparah bila menggunakan system yg sdh jelqas
merusak utk memperbaiki.
Jadi tdk dg serta merta dijawab baik, buruk memperparah, memperbaiki,
karena sanagat tergantung apa dan bagaimanaya.
Sallam,