Dear dokters,
Email saya ini hanya menanyakan pendapat aja kepada dokters, karena kapasitas
saya sebagai orang sipil.
Masih ingat kasus Sisi Chalid dan dia yang memenangkan kasusnya terhadap dokter
mal praktek, karena ada dokter ahli yang bersedia sebagai saksinya. Dia
membutuhkan waktu 9 tahun untuk menggugat 2 dokter tersebut.....waktu yang
sangat lama sekali dan melelahkan.
Kepada siapakah kami orang sipil mengadukan dokter yang mal praktek? dan yang
bersedia menjadi saksi sebagai dokter ahli?
Seperti yang dikatakan saksinya dokter Sisi Chalid ketika ditanya oleh salah
satu stasiun tv swasta, "Apakah anda tidak dibenci oleh rekan seprofesi anda
karena mau menjadi saksi?" dia menjawab, "Saya tidak mau profesi ini jelek
karena kelakuan beberapa dokter yang mal praktek".
Menurut saya sebagai orang sipil (maaf kalau salah harap diluruskan), diantara
10 orang dokter mungkin hanya 3 dokter saja yang mau menjadi seperti saksinya
Sisi Chalid.
Dikarenakan apa seperti itu hanya 3 dokter saja yang mau?
Karena sekarang ini untuk masuk kuliah kedokteran aja butuh rp. 250 jt, belum
beli kadaver nya, belum beli text book nya. Jadi jika salah 1 dokter melakukan
kesalahan akan ditutupi oleh dokter yang lain karena faktor modal yang telah
dikeluarkan untuk menjadi dokter.

Terima kasih.

Best Regards,

Bayu Mardhika Atmadi