From: Irma Handayani <i...@ukabima.or.id>
Subject: Re: [Dokter Umum] Jerawat di Punggung
To: dokter_umum@yahoogroups.com
Date: Monday, April 13, 2009, 3:28 AM

morning bram,

mengenai jerawat di punggung, sebenarnya prinsip awal terjadinya jerawat itu
sama, baik d punggung maupun d wajah jerawat bisa disebabkan oleh empat pemicu:
1. kuman saat kulit kita kurang terjaga kebersihannya.
2. tinginya produksi kelenjar minyak di kulit (sebum), artinya bagi mereka yang
kulitnya berminyak dan kurang menjaga kebersihan lebih berpeluang menjadi
pelanggan setia jerawat.
3. adanya gangguan proses pengelupasan lapisan kulit yang harusnya mengelupas
itu malah akan menumbat saluran kelenjar sebum.
4. reaksi radang.

khusus di punggung, ada faktor tambahan, misalnya kebiasaan Anda memakai baju
double, karena dalam kondisi gerah/ panas akan merangsang tubuh untuk
mengeluarkan keringat sehingga menciptakan kondisi lembab dan kuman juga
menjadi lebih mudah berkembang biak.

bintil2x di pungging mirip jerawat tapi bukan jerawat biasa, jadi bintil2x
tersebut ga selalu jerawat lhoo,,.. karena ada jerawat yang disebabkan oleh
efek samping obat, misalnya kortikosteroid sistemik dan INH. kortikosteroid
biasanya digunakan untuk mengobati alergi and asma, sedangkan INH biasanya
untuk terapi tuberkulosis paru.

sebelum pengobatan, sebaiknya jerawat tersebut penyebabnya harus diidentifikasi
terlebih dahulu. jika pencetusnya kuman, maka harus rajin mandi agar kebersihan
badan menjadi lebih terjaga.

supaya punggung tidak lembab, tiap kali pulang beraktivitas, segera membuka
pakaianagar punggung terkena udara bebas dan keringat bisa kering.

batasi mengkonsumsi kalori dan kurangi makanan yang banyak mengandung lemak.

untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat pd punggung anda, anda dapat
me-scrubbing punggung anda untuk membantu pengelupasan sel kulit yang sudah
mati sehingga terganti dengan sel kulit yang baru.

wokeh, sekian dari saya and semoga bermanfaat,, ..

cheers,
irma