salam,

Nah luh ada yang makin bingung kan....
Karena saya penggemar susu saya mau melihat dari sudut pandang yang luas aja.
Dijaman Nabi sudah terkenal susu onta dan susu kambing/domba atau sapi. Itu
juga diminum manusia. Bedanya di Timur Tengah yang paling banyak onta dan
kambing/domba, makanya yang diminum susu onta, kambing/domba. Di pulau jawa
saat ini yang banyak dikonsumsi itu susu sapi dan kambing, bahkan sebagian susu
kuda baik liar maupun ternak. Manfaatnya jangan ditanya deh....
Mungkin keluarga pak Asyrof bukan penggemar susu, jadi tidak mengkonsumsinya.
Sehat dan Pintar itu bukan hanya dari susu, coba dilihat apa Keluarga Bapak
banyak mengkonsumsi sayuran. Kalau iya tentu kebutuhan gizinya sudah baik hanya
susu itu menyempurnakan saja. Manfaat susu juga tidak dapat sekaligus dilihat
dengan jangka waktu singkat melainkan jangka panjang, misalnya saja orang jompo
yang banyak makan sayuran dan tidak minum susu di masa muda akan jauh berbeda
fisiknya dengan orang jompo yang dari usia muda gemar makan sayur dan minum
susu. Tubuh pemakan sayur dan peminum susu sangat jarang sekali mengalami
keropos tulang, pengapuran tulang dan tidak bongkok.
Ini dapat dilihat dari kakek saya yang sudah berusia 113 tahun, tubuhnya tidak
bongkok, mata masih melihat dengan jelas walaupun jaraknya harus agak jauh dan
telinganya masih bagus pendengarannya. Hal ini karena rajin minum susu sapi
langsung setelah diperah dari sapinya, tentunya setelah dimasak lebih dahulu
untuk mematikan bakteri dan virusnya. Karena beliau tinggal di wilayah
Pangalengan Jawa Barat, jadi mudah mendapatkan susu sapi murni. Yang tidak
minum susu akan cenderung bongkok, karena sayuran apabila salah dalam
pengolahannya, sudah pasti kandungan mineral dan vitaminnya berkurang/hilang.
Di coba saja pak, walaupun harganya cukup mahal tapi banyak manfaat dari susu.

thx,