Dear mas ferzal

Nafas bau tuh banyak penyebabnya..mulai dari kebersihan gigi dan lidah yang
tidak terjaga, sampai adanya luka pada saluran cerna..

Pertama mas ada baiknya mencoba menyikat gigi lebih teliti, terutama gigi
geraham yang belakang, dan juga menggosok lidah (jangan trlalu kuat)

Kalo masalahnya di luka saluran cerna kita harus pake alat untuk
memastikannya, endoskopi dan lain2...untuk pastinya, ke dokter aja dulu
untuk konsultasi.

Mendengkur kalau tidak  salah karena ada otot di bagian jalan nafas kita
yang melemas bila kita tidur lelap, dan menutup sebagian jalan nafas
kita.makanya jadi berbunyi karena udara yang lewat menggetarkan otot
disana..

Kalau tubuh sudah merasa kadar oksigennya terlalu rendah, tubuh akan bangun
sendiri(kadang kita tidak menyadarinya) dan kita akan berusaha memperbaiki
posisi tubuh agar lega lagi, tapi kalau tidurnya sudah lelap
lagi,dengkurannya mulai lagi.ciri2 utama orang yang mendengkur(yang uda
parah) adalah rasa capek setelah bangun walaupun uda tidur lelap, dan
biasanya orang yang mendengkur baru sadar ketika diberitahu teman tidurnya..

Kebanyakan orang juga akan mendengkur bila terlalu lelah beraktivitas dan
tertidur lelap, namun pada beberapa orang, ototnya memang terlalu besar dan
setiap tertidur akan mendengkur..

Untuk pengobatannya, saya pernah baca ada yang dioperasi ototnya, tapi
sepertinya untuk kasus yang cukup parah, dan lumayan mahal juga.nasihat
tradisional juga katanya disuruh tidur menyamping.tapi nantinya orang yang
tidak biasa tidur menyamping  bisa tidur terlentang lagi,dan mulai lagi
dengkurnya ...

Mohon bantuan dokter untuk menambahkan.maaf bila ada banyak kesalahan.

Best Regards,

Astrawinata G