Dear M,

  Boleh tahu apakah M masih gadis atau sedang dalam masa menyusui.
Istilah yang perlu kamu ketahui adl : TUMOR artinya benjolan (belum tentu
kanker).

Kanker adl : pertumbuhan abnormal dari suatu sel atau jaringan sehingga merusak
sel atau jaringan yang normal disekitarnya.

Secara umum ada 2 macam kanker yaitu : jinak dan ganas.

Dikategorikan jinak bila : pertumbuhan lambat dan tidak ada anak sebar
(metastase).

Ganas bila : pertumbuhan cepat dan ada anak sebar (metastase).

Selain itu untuk diagnosa pasti, perlu dilakukan pemeriksaan patologi anatomi,
yaitu di ambil jaringan tumor lalu diperiksa dgn mikroskop utk diketahui jenis
tumor tsb.

Setelah diagnosa pasti baru di tentukan jenis terapinya.

Karena jenis tumor akan menentukan jenis terapi , misalnya ada tumor yang
terapinya dengan obat obatan tetapi tdk mempan bila dengan sinar radiologi,
atau sebaliknya.

Sebaiknya memang konsultasi ke dokter. Dokter bedah umum.
Nanti tanyakan ke dokter ybs ttg penyebab dan pantangan makanan dan informasi
lain yang ingin kamu ketahui.

Semoga berguna.

salam,

Melyanti