halo, saya mau coba jwb pertanyaan kamu seputar diabetes/sakit gula:
1. kadar gula yg normal menurut standar yg dipakai di hampir seluruh dunia:
    Gula darah puasa dibawah 126
    Gula darah 2 jam setelah makan dibawah 200
    Gula darah sewaktu dibawah 200

2.  Penyebab kadar gula yg tinggi bisa macam2, contohnya karena pola makan yg
tidak
     benar ( berlebih kalori, kadar gula, karbohidrat), bisa jg krn obesitas
(berat badan terlalu
     berlebihan ) krn memacu timbulnya gangguan hormonal dan memacu pankreas
untuk
     bekerja berlebihan

3. makanan yg bisa menurunkan? yang pasti diabetes itu TIDAK BISA DISEMBUHKAN
    TAPI BISA DIKENDALIKAN, dengan pengaturan pola makan sesuai jumlah kalori,
    olahraga teratur sekitar 45 menit 4-5x seminggu, minum obat teratur dan
rajin kon-
    trol ke dokter skaligus cek laboratoriumnya.

4. Kegunaan obat2 itu untuk antiinfeksi (ciprofloxacin, Thiamet), anti
nyeri(asam me-
    fenamat, dan penurun gula darah (glibenclamide)

saya sarankan untuk ibu kamu untuk di cek pemeriksaan gula yang lebih lengkap
lagi, yaitu Gula darah Puasa, Gula darah 2 jam setelah makan dan HbA1c untuk
melihat
perkembangan pengobatan/terapi serta gaya hidup ibu kamu selama ini.. kalau
rumah kamu dekat daerah kemayoran kamu bisa datang ke Diabetes Center Point
Garuda Sentra Medika untuk mendapat penanganan yg lebih maximal tapi biaya
efisien.