salam, bagaimana dengan hasil tes mantoux nya bapak?
sebenarnya diagnosa pasti nya dari pemeriksaan sputum dahak SPS (Sewaktu, Pagi
, Sewaktu ) 3x.
hasil rongent adanya flex di area basal paru memang memiliki kecenderungan
diagnosa TB, tetapi bukan TB saja.
kalau bapak tidak punya gejala TBC lain, spt
BATUK DARAH, BERAT BADAN MENURUN, KERINGAT di MALAM HARI (walaupun di Suhu
Dingin), serta yang sangat mendukung, ADANYA KONTAK DENGAN
KELUARGA/KERABAT/TEMAN SEKANTOR/TEMAN DEKAT yang menderita TB AKTIF.
KALAU tidak ada itu semua kemungkinan bukan-lah TBC.
salam,

Gunawan