From: Tomy Handaka <tomy.hand...@mitrais.com>
Subject: [Dokter Umum] Allopurinol vs Daun Salam untuk Asam Urat
To: "dokter_umum@yahoogroups.com" <dokter_umum@yahoogroups.com>
Date: Wednesday, August 11, 2010, 11:21 PM

Rekan-rekan Yth,

Saya sudah menderita asam urat sejak 3 tahun lalu (FYI, usia saya saat ini blm
30 thn). Ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan mengenai asam urat:

1.    Apakah penggunaan allopurinol (misal: Zyloric) secara rutin dalam jangka
panjang tidak ada efek samping yang membahayakan? Soalnya saya baca dari
beberapa sumber di Internet, penggunaan allopurinol secara rutin dianjurkan
untuk penderita asam urat. Saat ini saya mengkonsumsi berdasar petunjuk dokter
saja (waktu sakit), tetapi bkn dalam  jangka panjang.

2.    Apakah ada efek sampingnya juga jika menggunakan obat herbal secara rutin
tiap hari? Misal rebusan daun salam  atau obat herbal bikinan sendiri, bukan
beli buatan pabrik.

3.    Bagaimana ya cara membatasi makan secara efektif.. Skrg ini sering
tergoda utk mencoba2 macam2 makanan, jadi sering kambuh, hehe :)

Terima kasih atas sharing-nya.

-Tomy Handaka-