From: e-ketawa@yahoogroups.com [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Behalf Of bee_kyou
Sent: Wednesday, May 25, 2005 7:47 AM
To: e-ketawa@yahoogroups.com
Subject: e-ketawa :-) Cinta ini milikmu Bunda

buat temen2 dan bundaku tersayang

"Donny, bangun.. Sarapanmu udah Bunda siapin di meja."
Tradisi ini sudah berlangsung hampir 27 tahun, sejak pertama kali
aku
bisa mengingat tapi kebiasaan Bunda tak pernah berubah. "Bunda
sayang. ga usah repot-repot Bunda, aku sudah dewasa." pintaku pada
Bunda pada suatu pagi. Wajah tua itu langsung berubah.

Pun ketika Bunda mengajakku makan siang di sebuah restoran. Buru-buru
kukeluarkan uang dan kubayar semuanya, ingin kubalas jasa Bunda
selama
ini dengan hasil keringatku.. Raut sedih itu tak bisa disembunyikan.

Kenapa Bunda mudah sekali sedih? Aku hanya bisa mereka-reka, mungkin
sekarang fasenya aku mengalami kesulitan memahami Bunda karena dari
sebuah artikel yang kubaca.. orang yang lanjut usia bisa sangat
sensitive dan cenderung untuk bersikap kanak-kanak. tapi entahlah..
Niatku ingin membahagiakan malah membuat Bunda sedih. Seperti biasa,
Bunda tidak akan pernah mengatakan apa-apa. Suatu hari kuberanikan
diri untuk bertanya "Bunda, maafin aku kalau telah menyakiti
perasaan
Bunda. Apa yang bikin Bunda sedih?" Kutatap sudut-sudut mata Bunda,
ada genangan air mata di sana. Terbata-bata Bunda berkata, "Tiba-
tiba
Bunda merasa kalian tidak lagi membutuhkan Bunda. Kamu sudah dewasa,
sudah bisa menghidupi diri sendiri. Bunda tidak boleh lagi menyiapkan
sarapan untuk kamu, Bunda tidak bisa lagi jajanin kamu. Semua sudah
bisa kamu lakukan sendiri"

Ah, Ya Allah, ternyata buat seorang Ibu.. bersusah payah melayani
putra-putrinya adalah sebuah kebahagiaan. Satu hal yang tak pernah
kusadari sebelumnya.. Niat membahagiakan bisa jadi malah membuat
orang tua menjadi sedih karena kita tidak berusaha untuk saling
membuka diri melihat arti kebahagiaan dari sudut pandang masing-
masing.

Diam-diam aku merenungkan. Apa yang telah kupersembahkan untuk Bunda
dalam usiaku sekarang? Adakah Bunda bahagia dan bangga pada putra -
putrinya?

Ketika itu kutanya pada Bunda. Bunda menjawab "Banyak sekali nak
kebahagiaan yang telah kamu berikan pada Bunda. Kamu tumbuh sehat
dan
lucu ketika bayi adalah kebahagiaan. Kamu berprestasi di sekolah
adalah kebanggaan buat Bunda.
Setelah dewasa, kamu berperilaku sebagaimana seharusnya seorang
hamba,
itu kebahagiaan buat Bunda. Setiap kali binar mata kamu
mengisyaratkan
kebahagiaan di situlah kebahagiaan orang tua."

Lagi-lagi aku hanya bisa berucap "Ampunkan aku ya Tuhan kalau selama
ini sedikit sekali ketulusan yang kuberikan kepada Bunda. Masih
banyak
alasan ketika Bunda menginginkan sesuatu." Betapa sabarnya Bundaku
melalui liku-liku kehidupan..

Bundaku seorang yang idealis, menata keluarga, merawat dan mendidik
anak-anak adalah hak prerogatif seorang ibu yang takkan bisa
dilimpahkan kepada siapapun. Ah, maafin aku Bunda..... 18 jam lebih
dalam sehari sebagai "pekerja" seakan tak pernah membuat Bunda
lelah.. Sanggupkah aku ya Allah?

"Donny, bangun nak.. sarapannya udah Bunda siapin di meja.. "
Kali ini aku lompat segera.. kubuka pintu kamar dan kurangkul Bunda
sehangat mungkin, kuciumi pipinya yang mulai keriput, kutatap matanya
lekat-lekat dan kuucapkan.. "Terimakasih Bunda, aku beruntung sekali
memiliki bunda yang baik hati, ijinkan aku membahagiakan Bunda."
Kulihat binar itu memancarkan kebahagiaan..

Cintaku ini milikmu, Bunda. Aku masih sangat membutuhkanmu..
Maafkan aku yang belum bisa menjabarkan arti kebahagiaan buat
dirimu..

Donny.. tidak selamanya kata sayang harus diungkapkan dengan kalimat
"Aku sayang padamu." Namun begitu, Allah menyuruh kita untuk
menyampaikan rasa cinta yang kita punya kepada orang yang kita
cintai..

Ayo kita mulai dari orang terdekat yang sangat mencintai kita,
bunda..
Walau mereka tak pernah meminta. Percayalah.. kata-kata itu akan
membuat mereka sangat berarti dan bahagia..

"Ya Tuhan, cintailah bundaku, beri aku kesempatan untuk bisa
membahagiakannya.
Dan jika saatnya nanti Bunda Kau panggil, terimalah dan jagalah ia
disisiMu..
Titip Bunda nanti ya Allah.."

Renungan ini aku buat untukmu teman2ku dan oleh semua Bunda yang
mencintai anak-anaknya dan semua anak yang mencintai Bundanya..

Cinta ini milikmu Bunda

with cinta cita harapan
kyou for donny s. putro

"TENGGO IS OUR WAY OF LIFE" - Komenk