From: MARY ROSITA
Sent: Monday, March 13, 2006 4:18 PM
Subject: e-ketawa :-) Linda Christanty: Semua Laki-Laki Harus Dilenyapkan Dari Muka Bumi!

this is intresting...

---------- Forwarded message ----------
From: reporter jalanan <[EMAIL PROTECTED] >
Date: Mar 12, 2006 3:06 PM
To: [EMAIL PROTECTED], [EMAIL PROTECTED], [EMAIL PROTECTED]

Linda Christanty dan RUU Porno

  Andaikata aku penguasa fasis, aku mau bikin peraturan begini: Semua Laki-Laki Harus Dilenyapkan Dari Muka Bumi!

  Aku tak setuju kalau UU Porno sampai diberlakukan. Pertama, karena pengertian porno dan tidak porno itu ditentukan dari sudut pandang laki-laki alias patriarki! Artinya, ada RELASI KUASA di sini.

  Contoh yang mencolok mata adalah pemberlakuan Syariah Islam di Aceh  yang mewajibkan perempuan Muslim mengenakan jilbab. Belum lama ini aku  melihat gambar di halaman muka surat kabar Rakyat Aceh (atau Serambi Indonesia, yang memperlihatkan tulisan pada sebuah poster  aksi. Tulisan poster itu berbunyi: "Perempuan yang Berpakaian Ketat Sama  Dengan Setan". Pengarak poster itu semuanya laki-laki.

  Aku sempat berpikir, andaikata aku penguasa fasis, aku mau bikin peraturan begini: Semua Laki-Laki Harus Dilenyapkan Dari Muka Bumi. Mengapa? Mereka pakai baju atau tidak, longgar atau ketat, pakai karung goni atau baju selam, tetap  bikin aku horny. Dengan kata lain, kostum apa pun yang mereka pakai tetap  porno di mataku. Artinya, porno atau tidak porno itu terletak pada yang melihat, bukan yang dilihat. Artinya, kebangkitan syahwat atau tertidurnya  syahwat terletak pada persepsi yang melihat, sangat personal sifatnya, sangat interpretatif. Artinya, tak mungkin membuat aturan untuk apa yang
bersarang dalam imajinasi orang.

  Dengan kata lain, "Jangan Karena Buruk Rupa, Maka Cermin Dibelah". Dengan kata lain, "Jangan Karena Otak yang Gampang  Ngeres, Orang Lain Disalahkan". He he he... Aku kok jadi teringat masa Soeharto
ketika ide dan gagasan orang bisa diadili.

  Oh, ya, aku mendukung Agus Suwage, Davy Linggar (tahu nggak, pada tahun 1991 atau 1992, ya, aku pernah melihat pameran lukisan Davy Linggar di Galeri Cipta TIM. Aku kagum pada lukisannya. Aku pikir, dia berbakat melukis.  Aku pernah mencari dia, lama sekali, dan tak ketemu, sampai hari ini. Suatu  hari aku melihat potret karyanya di Majalah A+, hampir dua belas tahun  kemudian. Ternyata dia banting stir jadi fotografer. Kapan mau motret aku,  Davy?), Izabel Jahja (aku pernah dua kali dipotret A+ dan Izabel yang jadi  pengarah gaya). Asyik orangnya, ramah, menyenangkan. Sangat gaya, tapi tipe  pekerja keras dan punya komitmen tinggi sama bidangnya), dan Anjasmara (meski
nggak kenal, blas!) untuk kasus Pinkswing. Cantumkan aku dalam daftar
pendukung mereka, ya.

  Maret 2006

  Salam dari Banda Aceh,

Linda Christanty