Foto nya mirip kamu vie ....

Mohon maaf, meski OOT tapi masih berhubungan dengan gadget,
dan ini untuk kebaikan kita semua, sekedar berjaga-jaga saja...
Karena yang menjadi korban adalah orang terdekat saya sendiri, jadi mau
berbagi...

Penipuan ini terjadi pada hari Jumat, 21 September 2007.
Berawal dengan SMS dari nomor 081399433336 dan 085695518111
yang menawarkan gadget-gadget terkini dengan harga dibawah pasar
(contohnya: Nokia E90 hanya 5,4jt, Nokia N95 4,3jt, Nokia 6275 1,1jt, Nokia
6265 1,2jt... etc)
SMS ini meng-atasnamakan Atiek Idaningsieh.
SMS sudah dimulai sejak beberapa hari sebelumnya.
Yang menjadi korban tidak cuma 1 orang tapi cukup banyak...
Saat pagi saya menerima forward-an dari tunangan saya itu, saya sudah bilang
kalau tawarannya "TGTBT...too good to be true"... di milis sudah sering
sekali terjadi kasus seperti ini, kalau memang benar...bawa barangnya, ada
duit ada barang. Saya juga sering dapet barang murah, tapi benar-benar
barang ada didepan mata, tinggal pilih aja.

Para korban adalah orang-orang yang pernah mengenal Atiek, teman satu
angkatan saat kuliah di Unika Atma Jaya - Jakarta.
Tentu saja para korban tidak mau bertransaksi hanya melalui SMS, mereka
melakukan percakapan telepon ke nomor tersebut mengenai kebenaran penjualan
gadget-gadget tersebut dan juga menanyakan kabar Atiek sendiri.
Semua yang dikatakannya adalah benar ia Atiek Idaningsieh dan semua korban
yakin bahwa memang benar itu suara Atiek.
Beberapa korban sempat menanyakan pekerjaannya, dan ia menyatakan kalau
sekarang ia masih di MDP-BCA.
Setelah meyakinkan kami bahwa ia adalah Atiek, segera Atiek mulai ber"bisnis"
untuk menjual gadget-gadget tersebut.
Ia minta ditransfer terlebih dahulu ke rek. BCA 2120198133 a/n. Aurelia
Natasha yang disebut sebagai tantenya yang punya barang.

Beberapa kali Atiek menelpon para korban untuk konfirmasi pembelian barang
dan agar segera mentransfer ke rek. tersebut agar barang bisa keluar dari
gudang. Setelah para korban mentransfer dana (1,1juta, 6 jutaan, dan 2
jutaan --ada 3 orang yang berhasil dikelabui atiek hari itu yang saya tahu,
entah berapa lagi yang menjadi korban yang tidak saya ketahui..--) mereka
menunggu di beberapa tempat yang berbeda untuk bertemu Atiek dan menerima
barang.
Mereka semua yakin itu suara Atiek yang menghubungi mereka via handphone.
Ternyata setelah jam 9 malam, kedua nomor HP yang digunakan Atiek sudah
non-aktif.

Para korban berinisiatif untuk menelpon ke rumahnya, dia ada tapi
berpura-pura tidak tahu apa-apa. Suaranya pun sama dengan suara yang
menelpon mereka via handphone.
Beberapa korban menelpon ke rumahnya di dan meng"interogasi" Atiek di waktu
yang hampir bersamaan, namun jawabannya berbeda-beda, padahal para korban
menanyakan hal yang sama.
Contohnya, ia mengatakan hanya mempunyai nomor XL pada tunangan saya, pada
korban 2 ia mengatakan punya nomor Mentari.
Pada korban 3, ketika ditelpon ia mengaku sedang tidur dengan suara
ngantuknya padahal pada korban 2 suaranya masih segar (Korban 2 menelpon
sebelum korban 3).
Tentunya para korban saling berbagi informasi, dan jawaban dari Atiek sangat
tidak konsisten.

Dengan aktingnya sebagai orang yang tidak bersalah, Atiek berpura-pura ingin
membantu para korban dengan membesar-besarkan bahwa ia bekerja di BCA dan
mengatakan kenal dekat dengan petinggi-petingginya BCA seperti CSO nya dan
ia bisa membantu para korban dengan koneksi CSO nya itu.
Atiek memberi penjelasan yang sangat rinci mengenai terjadinya kasus seperti
ini, sepertinya dia memang sudah sangat paham atau sudah mempelajari
matang-matang untuk melakukan tindakan kriminal ini, benar-benar paham
mekanisme penanganan kasus di BCA. Atiek juga mengirim sms agar
teman-temannya berhati-hati bahwa telah terjadi penipuan yang
meng-atasnamakan dirinya. Anehnya, hanya orang-orang yang sebelumnya
mendapatkan sms penawaran pembelian gadget tadi yang mendapatkan sms
peringatan ini.

Tunangan saya menceritakan kejadian ini kepada salah seorang pejabat di BCA
yang masih memiliki hubungan keluarga dengannya.
Dan hasilnya, Aurelia Natasha ini membuka rekening dari BCA cabang dekat
rumah Atiek, tapi no telp yang diberikan semuanya handphone, tidak ada yang
fixed line, padahal seingat saya, BCA mengharuskan nasabahnya memberikan
nomer telp rumah atau fixed line...cmiiw.
Uang-uang yang sudah ditransfer tersebut, tidak ada yang ditransfer ke
rekening lain, tapi ditarik langsung dari ATM yang lokasinya tidak jauh dari
alamat rumah Atiek. Statusnya sekarang rekening tersebut kosong, hanya
sekedar numpang lewat saja.
Pejabat BCA tadi langsung menghubungi trainer MDP di cabang tempat Atiek
bekerja dan menceritakan kasus ini. Si Trainer langsung melabrak Atiek, tapi
Atiek marah, berdalih dan menantang untuk membawa kasus ini ke polisi.

Jalur hukum di Indonesia terlalu berbelit2, mau mulus harus pakai uang...
yang ada malah keluar lebih banyak dari yang sudah hilang,
yang hilang gak akan kembali, tapi keluar lebih banyak dan urusan tidak
kunjung selesai.
Nomer prepaid bisa diregister dengan identitas palsu dan asal isi, toh
provider tetap saja tidak akan cross check kan...

Mungkin uang-uang itu tidak akan pernah kembali, tapi setidaknya post yang
rada oot ini bisa membuat kita lebih awas.
Kita mungkin cukup waspada, tapi tidak dengan orang-orang disekitar kita...
Biar ini bisa jadi pelajaran buat kita semua dan mohon berhati-hati terhadap
penipu-penipu seperti:

Atiek Idaningsieh
MDP Bank Central Asia

Alamat Rumah:
Jl. Pekapuran Raya No.6A
Jakarta 11210
telp. 021.6316789

HP:
0856.355.18111 ; 0813.994.33336 (no. yang dipakai untuk aksinya)
0815.972.6147 (no hp yang terdaftar pada buku wisudawan atma jaya)

Rek.BCA yang digunakan: 212.019.8133 a/n Aurelia Natasha

Foto bisa dilihat di: www.geocities.com/garem_comm/Atiek

Terkadang justru orang yang kita kenal pun bisa menipu kita...
Terima kasih semuanya untuk meluangkan sedikit (banyak) bandwithnya.
May peace, health, and wealth be with you guys, God bless!!

Pesan dari bang napi: Waspadalah!...Waspadalah!... (hehehehe...)