Saat ini, tiap-tiap lembaga pemerintah memiliki system identifikasi dan
penomoran sendiri-sendiri. Katakan, Dinas Pertanahan Nasional memiliki
nomor sendiri, Dinas Kependudukan memiliki nomor sendiri, Dinas
Perhubungan memiliki nomor sendiri, komisi pemilihan umum pun
mengeluarkan nomor sendiri dan seterusnya. Saya kira system yang ada
sekarang masih belum terintregrasi alias terpecah-pecah.

Saya kira semua lembaga baik itu direktorat jenderal pajak, dinas
perhubungan, dinas kependudukan bisa bekerja sama dalam
pengidentifikasian penduduk sehingga biaya yang diperlukan untuk mendata
penduduk, bisa dibagi bersama sehingga pada akhirnya biaya yang terjadi
bisa jadi lebih murah.

Demikian juga ID - bisa multi fungsi. Satu ID, banyak manfaat.

Regards
Arsono

Has someone you know been affected by illness or disease?
Network for Good is THE place to support health awareness efforts!
http://us.click.yahoo.com/Rcy2bD/UOnJAA/cosFAA/GEEolB/TM