Broer Ambon..
Maaf numpang komentar .. ketika melaksanakan ibadah
hajji tahun 2003 yl..saya kebetulan sengaja membawa
handycam dan camera untuk merekam seputar Makkah dan
Madinnah ... bahkan di Azzizah ketika menunggu ke
Arafah/Mina..  Seperti di Azzizah.. saya temukan
beberapa rumah yang bisa dikategorikan "slum"
..terletak diatas bukit batu, betul darurat, hanya
terdiri dari karton dan potongan peti ... saya cukup
lama merekamnya dan sempat berbicara dengan penduduk
asli di Azzizah ttg siapa "mereka" yg ada dikawasan
"slum" itu ... ternyata mereka pendatang dari India
atau Pakistan ..beberapa lainnya dari Afrika... lalu
kemana "penduduk miskin Azzizah..??" tanya saya ...
katanya mereka tidak perlu tinggal di tempat seperti
itu, karena mereka menerima santunan dari Kerajaan ...
 Mungkin saja jika menggunakan pendapatan yg
diterima..orang2 yg disantuni itu termasuk "miskin"
..karena ada juga yang "luar biasa kaya"  ....

Nah Broer Ambon ... darimana biaya santuan yang
dikeluarkan oleh Kerajaan ??  Boleh jadi dari "pajak"
atau juga "penerimaan negara karena export minyak
bumi" ....  dan boleh jadi juga dari "zakat" yang
dibayarkan oleh "yang kaya tadi" ...

Saya termasuk yang percaya sekali kalau "zakat" bisa
memakmurkan dan pasti bisa juga ikut mengurangi
kemiskinan ... dgn contoh berbeda di lingkungan rumah
saya dari himpunan zakat dan sadaqah bisa membangun
mesjid yang cukup besar, bagus dan teduh.

Percayalah ..jangan selalu curiga.

Was, IT

--- Teuku Deddy <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

---------------------------------
hahaaaa mas...mas... eh ambon itu panggilannya mas
atau...,
Kalo masalah Orang miskin sih di Negara paling kaya
sekalipun tetap aja ada
org miskin...sampai kapanpun selama masih ada orang
kaya pasti ada orang
miskin....anda pasti disebut miskin kalo ada yg lebih
kaya dari anda begitu
seterusnya....saya pun miskin karena tidak bisa
menyekolahkan anak saya
keluar negeri....sekarang liat dong dari prosentasi
orang yg kaya dgn org
miskin tsb...
lagian anda nih kaya tau aja di tanah suci masih
terdapat orang miskin,
memang pernah melakukan sensus penduduk, datanya???
memang anda pernah
kesana???
bisa aja orang miskin ditanah suci itu orang-orang
dari negara lain yg
memang mempunyai tujuan menjadi pengemis disana....??
who knows.....