Begini, bisa saja kita simulasikan scr sederhana. Dari 220jt penduduk bila
diambil 60% atau 70% adalah masy desa yg hidup dari
bertani/buruh/nelayan/ojeg/becak/serabutan yang kadang mereka hanya
menghasilkan uang 20rb per hari, atau bahkan kurang (jauh di bawah UMR),
maka bagian terbesar masy ini jauh hubungannya dg apa itu IHSG,
Dollar,kelangkaan bbm dst. Dan umumnya 132jt/atau 154jt org ini juga (agak
mustahil) menjadi faktor pengambilan keputusan oleh penguasa. Kelompok ini
punya daya survival tinggi dan tahan makan ketela/gaplek/jagung/beras murah
bertahun2, believe it or not. Alm Mubyarto berulang kali mengungkapkan
betapa tinggi daya tahan masy desa terhadap apa yg disebut dg krisis
moneter, hutang negara menggunung, anggaran defisit, subsidi, bla bla bla.
Meskipun kita melihat masy desa semakin miskin dan kepemilikan tanah mereka
berangsur habis namun mereka tetap bertahan. Jadi mau dollar setara 25rb
perak- coba datanglah ke desa dan temukan masih banyak sepiring nasi
berharga 1 atau 2 ribu perak.Paparan ini hanya dimaksudkan bahwa mayoritas
pewaris negara ini, yg notabene org desa nan miskin adalah orang-orang yg
jauh lbh arif ketimbang mereka2 yg nggak pernah puas, meski asetnya sdh 700
turunan !!

Put more honey in your pocket. (money matters made easy).
http://us.click.yahoo.com/r7D80C/dlQLAA/cosFAA/GEEolB/TM