Dari milis sma saya. Semoga bermanfaat.

---------- Forwarded message ----------
From: baim alkaf <[EMAIL PROTECTED]>
Date: Tue, 23 Sep 2008 22:52:45 -0700 (PDT)
Subject: [albayanmillis] tips mengisi BBM..
To: [EMAIL PROTECTED]

nice info..

TIPS CARA MENGISI BENSIN/BAHAN BAKAR
 KENDARAAN ANDA

Seorang teman mengirimkan catatan seperti tertulis di bawah ini:

Saya tidak tahu berapa sebenarnya anda membayar saat mengisi
bensin………tetapi di sini, di
Durban, harga bahan bakar juga mahal.   Saya telah bekerja di bidang
bahan bakar/bensin
selama 31 tahun, sehingga saya bisa memberikan beberapa cara agar uang
anda menjadi lebih
berharga untuk setiap liter bahan bakar yang anda beli.
Di  Marian  Hill  Pipeline  tempat  saya  bekerja  di  Durban,  dalam
waktu  24  jam  kami
memompakan/menyalurkan kurang lebih 4 juta liter.

Satu  hari  solar,  hari  berikutnya  bahan  bakar  pesawat  jet  dan
bensin,  LRP  dan Unleaded.
Kami  di  sini  mempunyai  tanki  penyimpanan  sebanyak  34  dengan
kapasitas  seluruhnya
16.800.000 liter.

BELILAH  BAHAN  BAKAR  ATAU  ISILAH  MOBIL  ATAU  MOTOR  ANDA  DENGAN
BAHAN  BAKAR  PADA WAKTU HARI MASIH  PAGI  KETIKA TEMPERATUR  TANAH
MASIH DINGIN. Ingat bahwa semua SPBU mempunyai tanki penyimpanan di
bawah tanah.
Semakin dingin tanahnya maka semakin padat/kental bahan bakarnya. Jika
temperatur mulai
panas/hangat, maka bahan bakarnya akan mengembang. Jadi jika membeli
bahan bakar pada
siang  hari  atau  petang  hari……..sebenarnya  bahan  bakar  yang
diisikan  ke  dalam  tanki
kendaraan anda jelas lebih sedikit dibanding jumlah liter yang anda beli.

Dalam business perminyakan, gravity yang spesifik dan temperatur
bensin, diesel dan bahan
bakar  pesawat  jet,  ethanol  dan  produk minyak  lainnya  punya
peranan  penting.  Kenaikan  1
derajat  merupakan  hal  yang  sangat  berpengaruh  dalam  business
ini.  Tetapi  SPBU  tidak
memberikan ganti rugi/kompensasi karena temperatur.

SALAH  SATU  YANG  PALING  PENTING  ADALAH  ISI  BAHAN  BAKAR  SAAT  TANKI
KENDARAAN ANDA MASIH SETENGAH PENUH.
Alasannya  adalah  semakin banyak bahan bakar  yang ada di  tanki
kendaraan, maka  semakin
sedikit  udara  yang  ada di bagian  tanki yang kosong. Bensin menguap
 lebih  cepat dari  pada
yang  bisa  kita  bayangkan.  Tanki  penyimpanan  bensin  mempunyai
apa  yang  kita  sebut  atap
yang mengapung yang berfungsi sebagai clearance zero antara bensin dan
atmosfer sehingga
penguapannya bisa dikurangi. Tidak  seperti SPBU, tempat saya bekerja
di sini setiap truck
yang  kami  muati  ada  ganti  rugi/kompensasi  karena  temperatur,
sehingga  setiap  liter  yang
dibeli jumlahnya benar-benar sesuai/tepat.

YANG  PERLU  DIINGAT  LAGI,  JANGAN  ISI  BENSIN  JIKA  ADA  TRUK  BAHAN  BAKAR
SEDANG MENGISI TANKI PENYIMPANAN
Hampir  pasti  bensin/solar  akan  teraduk  saat  bahan  bakar
dipompakan  dari  truck  ke  tanki
penyimpanan, dan kemungkinannya akan ada kotoran di dasar tanki
penyimpanan yang teraduk
naik dan terikut masuk ke tanki kendaraan anda.

Saya berharap hal ini akan menolong anda untuk mendapatkan nilai yang
maksimal dari rupiah
yang anda gunakan untuk membeli bensin.

BAGIKAN  TIPS  INI  KEPADA  YANG  LAIN!  MARI  KITA  SALING  BERBAGI  INFORMASI
UNTUK KEPENTINGAN BERSAMA, UNTUK KEBAIKAN MANUSIA.