Hari ini adalah
hari terakhir saya berkantor di Istana Wakil presiden Republik Indonesia, dan
Insya Allahbesok adalah hari terakhirsaya menjabat sebagai Wakil Presiden
Republik Indonesia.

5 Tahun menjadi
wapres sungguh suatu pengalaman yang berkesan bagi saya. menjadi wapres saya
tidak pernah terlintas dalam benak saya sebelumnya.

Dulu saya hanya
bercita cita sebagai Menteri tapi ternyata saya bisa mencapai jenjang Wakil
Presiden. Mungkin dulu seandainya saya bercita cita menjadi wapres mungkin saya
akan menjadi Presiden.

Tapi itulah jalan hidupyang saya tempuh. Dan
mungkin saya harus puaskarir politik
sampai menjadi wapres. Bagaimanapun capaian karir politik sebagai 20 tahun
sebagai anggota MPR,  5 tahun menjadi wakil Presiden dan ketua Umum Golkar
merupakan capaian yang luar biasabagi saya.

Ternyata setelah
mempelajari sejarah Indonesia, belum ada Wapresdi Indonesia yang menjabat
sampai dengan dua
periode, tapi wapresyang menjadi presidensudah ada dua.

Setelah semua
ini berakhir, mungkin saya tidak terlibat aktif lagi dalam bidang politik.

Tapi itu bukan
berarti saya berhenti membangun bangsa ini. Masih banyak hal yang bisa
dilakukan untuk membangun bangsa ini.

Saya memiliki
rencana setelah pelantikan Pemerintahan yang baru, saya akan liburdulu selama 2
bulan, ingin pergi
jalan-jalan bersama keluarga, menghabiskan waktu bermain dengan cucu.

Nantilah awal
tahun depan Insya Allah, saya akan
membuat sebuah lembaga yang akan mengurusi bidang sosial, pendidikan, perdamian
dan juga pengembangan ekonomi.

Sebagaimana yang
saya janjikan dulu pada saat kampanye apabila saya tidak terpilih menjadi
presiden. Saya akan mendorong terus pembangunan energi terutama green
energiseperti biothermaldan sebagainya. Saya juga
akan mulai menjadi pengajar pada program Leadhersipyang akan diadakan oleh
Universitas Paramadina,
ini penting agar ke depannya Indonesia jangan sampai mengalami krisis
kepemimpinan.

Saya juga akan
tetap membantu pemerintahan yang akan dilantik nanti, apabila diminta, saya
akan membantu dalam hal berupa pikiran-pikiran alternatif berdasarkan
pengalaman saya sebagai Wapres.

Bisa dikata
beban pemerintah yang baru ini agak sedikit berkurang,
karena pada masa SBY-JK kami melakukan banyak hal, seperti pembangunan
pembangkit listrik, dan konversi minyak tanah ke gas. Apabila 2 program itu
bisa rampung maka negara akan hemat 150
triliunsetiap tahunnya. itu baru dua program saja, belum program-program
lainnya, seperti pembangaun jalan, rel kereta api dan sebagainya.

Kira kira itulah
yang akan saya lakukan setelah saya tidak
menjabat lagisebagai wapres.

Dan saya mau
mengucapkan terima kasih kepada warga Kompasiana,
dan blogger lainnya atas dukungannya selama ini.

Selama saya
masih masih mampu, saya akan terus menulis di sini. dan minta maaf kalau saya
jarang menulis selama ini, mungkin kesibukan jelang akhir masa jabatan yang
agak banyak menyita waktu.

Terima kasih...Wassalam

*
Apa setelah ini ?