Dear All,
Pak Sastra, Pertama-tama Saya sangat menyambut gembira kehadiran Reps.
Office dari ALH Industry Sdn Bhd (Malaysia) yang dapay merecycle banyak
Limbah Logam berat yang Saya sangat yakin jumlahnya akan sangat banyak di
indonesia. Keuntungan yang dapat kita dapat jelas penyelamatan Lingkungan
negeri kita dari limbah Logam berat, Alternatif Bisnis yang menjanjikan.

Saya punya pengalaman menarik pada saat saya mencoba membuka pusat pendaur
ulangan Limbah padat (Kebetulan Limbah Non-B3) dari seluruh Business Unit
(BU) product NIKE di Indonesia, yang hasil daur ulangnya 100% di Export.
Pertama-tama banyak sekali permasalahan termasuk Custom dalam pemrosesannya.
Kami melakukan banyak koordinasi dengan Instansi terkait seperti Dept.
Keuangan, Men.LH dan tentu saja asosiasi Pengusaha diLingkungan Bisnis Kami
(dengan susah payah tentunya !). Untuk mewujudkan ini, Yang kami lakukan
adalah meyakinkan para Aparatur-aparatur Negara ini bahwa,  bila Limbah
padat yang dihasilkan dari hanya 10 BU NIKE dikelola dengan maximal, kita
dapat menyelamatkan lingkungan dari Limbah padat yang mungkin di Landfill
atau pembakaran sebayak 500 ton sebulan! (bayangkan jika semua pabrik Sepatu
khususnya atau Industri lain umumnya di Indonesia melakukan hal yang sama
!!)

Saya sangat yakin, jika Kita mendapatkan peluang apabila Limbah Logam berat
atau B3 dapat dikelola baik di dalam maupun di Luar Indonesia, Itu adalah
hal yang sangat -sangat kita dukung. Dan oran-orang seperti Bapak Sastra ini
kita patut kategotikan sebagai 'Pejuang' Lingkungan

Mohon para Aparatur terkait untuk melihat ini sebagai usaha bangsa
menyelamatkan Lingkungan kita. Bantulah para pejuang-pejuan itu untuk bisa
mengexpor Limbah B3 kita ke tempat yang terakreditasi secara internasional
dapat melakukan pendaur ulangan.

Untuk Pak Sastra, terus melakukan koordinasi seperti apa yang saya telah
lakukan sebelumnya walaupun kasus bapak terlihat sedikit lebih sulit.

PAk Toto Saya rasa KMB dapat memfasilitasi ini.

Catur Marhaendra
PT. KMK Global Sports