Kawasan karst adalah salah satu type kawasan yang
sangat khas dan memiliki keunikan dan karakteristik
yang sangat berbeda dengan kawasan hutan padsa
umumnya. membicarakan kawasan karst tidak bisa
terlepas dari kawasan hutan, karena pada umumnya
kawasan karst adanya dalam kawasan hutan lindung dan
konservasi. namun kebijakan dari menhutbun yang lalu
yang memberikan kesempatan untuk mengelola kawasan
karst untuk keperluan industri semen dan marmer
tentang hak pinjam pakai kawasan semakin meningkatkan
pengelolaan kawasan karst yang merusak lingkungan.

jalan yang bisa ditempuh demi pelestarian kawasan
karst formasi tonasa (kalo ngga salah namanya begitu
kan??) adalah melalui pengusulan kawasan karst menjadi
suatu kawasan yang bener2 bisa terhindar dari tangan2
jahil. salah satu alternatif pemecahannya adalah
dengan melakukan pengusulan taman nasional menjadi
kawasan konservasi sehingga kegiatan2 yang bersifat
merusak struktur dan kelstarian kawasan dapat lebih
terhindarkan. yang sangat perlu ditekankan adalah
kebijakan dari pemda setempat, sehingga para LSM
sangat diharapkan dapat mensupport pemda dan
memberikan amsukan bagi pembuat usulan Kawasan
Konservasi dalam hal ini BKSDA di wilayah Saudara.

mungkin anda sangat bisa melakukan sutau kajian
potensi sumberdaya alam yang ada dalam kawasan
dimaksud serta potensi pelestraiannya, misalnya
biodiversity set4 yang sangat perlu untuk dilestarikan
apa aja, serta kondisi sosial ekonomi masyarakatnya,
juga hal2 lain yang sangat penting misalnya situs
purbakala dan kalau perlu anda bisa membaut semacam
usulan pembatasan kegiatan pertambangan karst menjadi
semen dan marmer, sehingga kawasan tersebut bisa
terbagi kedalam kawasan pengelolaan dan kawasan
perlindungan.

saya sarankan untuk melakukan kajian sampai sejauh
mana karst tersebut bisa dimanfaatkan karena kita
tidak bisa pungkiri kalau itu memberikan PAD yang
sangat besar bagi wilayah anda, dan batasan mana
kawasan tersebut yang harus dilestarikan dan
dimasukkan kedalam kawasan konservasi, bisa berupa
Taman Nasional atau sejenisnya..

Good Luck

eed
ps: aku juga sangat prihatin dengan kondisi karts di
indonesia, ciao