Eriyawan wrote:

> Mohon saya juga bisa dikirimi dokumennya, agar bisa ditayangkan di salah
> satu situs kami. Kalau dari Lablink, mestinya Lablink bisa muatkan di
> TerraNet. Gimana, Kang Teten?

Bisa saja, tapi mungkin akan terlalu panjang.

Ada buku PRA yang cukup lengkap dan "praktis" tidak terlalu banyak teori
judulnya "Berbuat Bersama Berperan Setara", terbitan Drya Media. Saya pertama
kali belajar dari buku itu, dan saya kagumi buku itu karena bagus dan mudah
dimengerti. Tapi setelah menyimak pengalaman teman-teman saya dalam
mempraktekkan PRA, saya berkesimpulan (sementara ini, sbg orang yang bukan ahli
PRA) buku itu perlu banyak diadaptasi lagi sesuai dengan tempat dan tujuannya.

Praktek PRA untuk irigasi akan berbeda dengan untuk agroferstri. PRA di Jawa
Barat, prakteknya akan berbeda dengan di Jawa Timur.

Teten Avianto--
# Http://www.lead.or.id/teten