Pagi tadi di box saya ada gulungan plastik  dan
pengumuman dari dewan kota bahwa mulai  1 april ini
sampah harus dipisahkan dalam beberapa  kategori.
Plastik merah pertama untuk sampah plastik, kantung
plastik kedua untuk kertas dan sejenisnya dan kantung
plastik biru untuk sampah kaleng . Kami (orang
indonesia) di kompleks apartemen hara-hachihonmatsu
pun mengeluh. Kemarin kemarin kami cukup memisahkan
sampah plastik dan non plastik....itupun perlu latihan
beberapa hari....kini pemisahan sampah itu lebih
detail lagi. Pengumuman yang bikin kami ngeri adalah
bahwa sejak 1 april ini pula membuang barang
elektronik dan sejenisnya harus bayar.....gileee.
Padahal kami terkenal sebagai kolektor barang-barang.
Saya saja punya dua lemari es, empat sepeda gunung, 2
tape compo , dua televisi.....dan masih banyak lagi.

So,...ada ide nakal dari kami
1. bagaimana kalau di indonesia  buang dan memisahkan
sampah itu diatur dalam undang-undang ?
2. bagaimana mana kalau buang barang itu dikenakan
biaya (terutama para orang kaya)...biar pola hidup
konsumtif itu bisa diminimalkan (setidaknya bangsa
kita belajar)

tapi...mungkin nggak ya....INDONESIA....

Hiroshima,
saat musim semi