Angin masih menyanyikan lagu yang sama. Pada siang hari berhujan
gerimis.Seperti juga pada sore hari berlembayung merah dan malam
berkabut tipis. "Sudah dekat saat sang pemegang kalam menggulung
suhufnya ". "Mengapa sang pemegang kalam harus menggulung
suhufnya ?", tanyaku. Angin mengabaikanku dan meneruskan
nyanyiannya. "Sudah dekat saatnya sang pemegang kalam meletakkan
kalamnya "."Bukankah lebih baik bila ia tetap menulis?", tanyaku.
        Terusik dengan pertanyaan-pertanyaanku, anginpun
menjawab "Karena akan tiba saat bagi sang pemegang kalam untuk
memilih diantara suhufnya. Mana yang perlu disimpan dan mana yang
harus dibakar".
        Aku terdiam mendengar jawaban angin dan kembali
bertanya "Suhuf yang seperti apa yang akan disimpannya dan yang
seperti apa yang harus dibakarnya ?" . "Kenapa kau bertanya tentang
sesuatu yang sudah jelas ?" angin malah balas bertanya.
`       Sebetulnya semua mahluk tahu betul seperti apa suhuf indah
simpanan pemegang kalam dan suhuf seperti apa yang dibencinya
sehingga kelak akan mengisi perapian abadinya, tapi aku terlalu
takut untuk menduga-duga. Mungkinkah   suhufku menemukan tempat di
lemari pengampunannya. Aku tidak tahu apakah coretan-coretan yang
kubuat di dalamnya telah bersentuhan dengan penghapus taubatnya ?Dan
yang lebih menakutkan  adalah akupun tidak yakin bila  aku bahkan
menulis sesuatu didalamnya, sehingga suhuf itu layak menjadi suhuf
dan bukan hanya selembar hamparan tak bermakna.
        Aku berhenti bertanya, memilih memaknai nyanyian angin
sebagai lagu perpisahanku dengan dunia. Karena kutahu ,bila
pemengang kalam menetapkan kehendaknya, siapapun tidak akan
menemukan pilihan selain kehendaknya.Semua menyerah. Karena ia
pemegang kalam. Penghampar segala suhuf. Penulis dan pembakar.
Penyimpan juga pembaca yang begitu sempurna.
        Tapi angin menghentikan nyanyiannya dan memandangku , begitu
dalam. "Kita memang tak pernah ada……", ucapnya pelan.

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to: