Sekedar bertanya. Mengapa sebuah lembaga internasional bernama WTO menuai begitu
banyak protes dan aksi unjuk rasa? Mengapa seorang petani nekad bunuh diri
hanya untuk memprotes kebijakan-kebijakan perdagangan di WTO?

WTO seakan-akan nun jauh disana, kebijakannya seringkali dianggap tdak
nyata, dan sulit dipahami, sehingga kemudian saya pun berpikir, ah itu bukan
urusan saya, tapi urusan pedagang dan Negara, toh saya Cuma rakyat biasa. Tapi
setelah baca-baca, saya ingin belajar memahami apa yang sebenarnya dilakukan
oleh WTO? Apa itu kesepakatan perdagangan internasional? apakah itu hanya
sekedar kompromi atau lebih merupakan proses politik???

Di WTO yang dirundingkan
adalah hak para pengusaha raksasa (MNC) atas aksesnya terhadap pasar,
fleksibilisasi pasar tenaga kerja, dan berbagai kemudahan serta fasilitas
lainnya.

Lalu jikalau kita menganggap peraturan-peraturan yang di buat WTO itu tidak
adil, dan penerapannya menimbulkan banyak masalah, mengapa pemerintah di negara2
berkembang tetap saja meratifikasi kesepakatan perdagangan tersebut???

Tonight's top picks. What will you watch tonight? Preview the hottest shows on
Yahoo! TV.
http://tv.yahoo.com/

Kirim email ke