Manfaat Membaca al-Quran

By: M. Agus Syafii

Pada suatu hari ada seorang ibu yang bertandang ke Rumah Amalia. Beliau
bertanya, 'Mas Agus, saya kalo membaca kitab suci al-Quran kenapa kok nggak
ngerti ya?' Saya kemudian balik bertanya, 'Bagian mana ibu tidak mengerti?'
'Pokoknya ya setiap kali membaca al-Quran.' Kali ini giliran saya yang bingung
mendengar jawaban beliau.

Saya kemudian membantu menjelaskan dengan memberikan contoh, 'Ibu tahu saringan
yang untuk memeras kelapa agar mendapatkan santan?' Beliau mengangguk, tanda
mengerti maksud saya. 'Kalo ada saringan yang kotor dan ibu berkenan menaruhnya
dibawah kran dengan air yang mengucur deras, apakah saringan itu bisa menampung
air?' Beliau menggeleng kepala. 'Bila ibu terus mengucurkan air ke saringan
kotor kira-kira apa yang terjadi?'  Beliau tersenyum dan menjawab, 'Saringannya
menjadi bersih Mas Agus.' 'Nah, seperti itulah kita, kalo kita mengaji atau
membaca kitab suci al-Quran, mungkin ibu tidak mengerti namun bila ibu
membacanya terus menerus, tentunya ibu menjadi mengerti. Jika ibu membacanya
rajin tiap pagi atau sehabis sholat maghrib selain kita mendapatkan petunjuk
dari Allah sekaligus membersihkan kotoran hati kita.' Wajah beliau nampak
berseri-seri tanda mengerti apa yang saya maksud.

Teman, bila kita membaca novel, nonton TV atau Film, menghapal lagu paling
cepat untuk mengerti dan menghapalnya. Namun bila untuk mengaji atau membaca
kitab suci al-Quran baru satu ayat, mata sudah terasa lengket. Beberapa kali
menguap. Baru lima menit membaca sudah seperti lima jam rasanya. Ketika kita
bersungguh-sungguh untuk membaca dan meresapi isi kitab suci al-Quran akan
banyak sekali manfaatnya dan meresapi makna yang terkandung di dalamnya, sangat
terbukti untuk kegunaannya, membersihkan segala kotoran dihati kita,
mendatangkan keberkahan, kebahagiaan dan keselamatan bagi hidup kita dan
keluarga kita.

'Sesungguhnya telah datang kepadamu cahaya dari Allah dan kitab yang
menerangkan. Dengan kitab itulah Allah menunjukkan orang-orang yang mengikuti
keridaan-Nya ke jalan keselamatan dan (dengan kitab itu pula) Allah
mengeluarkan orang-orang itu dari gelap gulita kepada cahaya yang terang
benderang dengan seizin-Nya dan menunjukkan mereka ke jalan yang lurus.' (QS.
al-Maidah :15-16).

Yuk, kita budayakan membaca al-Quran. Manfaatnya banyak sekali..!

Wassalam,
M. Agus Syafii
--
Yuk, hadir di kegiatan 'Amalia Tersenyum' Ahad, 26 Desember 2010, di Rumah
Amalia. Bila  berkenan mewaqafkan buku2, Majalah, Komik, Novel, Cerpen,Kaset

Kirim email ke