From: adwin haris <angkatan...@yahoo.com>
To: YMIC YMIC <y...@yahoogroups.com>; arcopodo...@yahoo.com;
arlanov...@yahoo.com; Andre lay <denyut_andre...@yahoo.com>
Cc: inb...@googlegroup.com; forbas@googlegroups.com
Sent: Tue, November 9, 2010 11:44:13 AM
Subject: [ForBas] Kaca buat Bercermin

assalamuallaikum  wr  wb
salam  sejahtera

Hanya Allah yang tahu.
Mata saya berkaca membaca cerita ini.

Malu... rasanya  jiwa  ini
Subhanallah
allahuakbar

satu kata buat saya "Cermin"

Buat bacaan week-end ini ... Semoga bermanfoat

----------------

Dari Mailist Sebelah, semoga bisa buat bahan bercermin diri kita.

Menitikkan Air Mata Membaca Kisah Qurban Bu Sumi
Cerita pedagang hewan Qurban

Kisah ini terjadi ± tahun 1995, sudah cukup lama memang, namun setiap ingin
memasuki I’dul Adha saya selalu teringat dengan kejadian yang pernah saya
alami ini, dan sampai saat ini saya
tidak pernah melupakannya.

Awalnya saat saya sedang menjajakan dagangan bersama teman (kami berempat waktu
itu), kami mengeluh karena sudah 3 hari kami berdagang baru 6 ekor yang
terjual,
tidak seperti tahun sebelumnya, biasanya sudah puluhan ekor laku terjual dan
hari raya sudah didepan mata (tinggal 2 hari lagi). Kami cukup gelisah waktu
itu. Ketika sedang berbincang salah seorang teman mengajak saya
untuk sholat ashar dan saya pun bersama teman saya berangkat menuju masjid
yang
kebetulan dekat dengan tempat kami berjualan. Setelah selesai sholat, seperti
biasa saya melakukan zikir dan doa. Untuk saat ini doa saya fokuskan untuk
dagangan saya agar Allah memberikan kemudahan semoga kiranya dagangan saya
laku/
habis terjual.

Setelah selesai saya dan teman kembali bergegas untuk kembali ke tempat kami
jualan, dari kejauhan kami melihat ditempat kami berjualan banyak sekali orang
disana dan terlihat teman kami yang berada disana kesibukan demi melayani calon
pembeli. Akhirnya saya dan teman saya berlari untuk cepat membantu melayani
teman kami. Alhamdulillah pada saat itu sudah ada yang membeli beberapa ekor
kambing. “Terima kasih Ya Robb, Engkau telah mendengar dan menjawab doa
kami�, Syukur saya dalam hati.

Namun setelah semuanya terlayani dan keadaan kembali normal, saya melihat
seorang ibu-ibu sedang memperhatikan dagangan kami, seingat saya ibu ini sudah
lama berada disitu, pada saat kami  sedang sibuk ibu ini sudah ada namun hanya
memperhatikan kami bertransaksi. Saya tegur teman saya “Ibu itu mau beli ya ?
dari tadi liatin dagangan terus, emang gak ditawarin ya ?,

sepertinya dari tadi udah ada disitu. Kayaknya Cuma liat-liat aja, mungkin lagi
nunggu bus kali.

Jawab teman singkat. Memang sih kalau dilihat dari pakaiannya sepertinya gak
akan beli ( mohon maaf.. ibu itu berpakaian lusuh sambil menenteng payung lipat
ditangan kanannya)
kalau dilihat dari penampilannya tidak mungkin ibu itu ingin berqurban.

Namun saya coba hampiri ibu itu dan coba menawarkan. “Silahkan bu dipilih
hewannya, ada niat untuk qurban ya bu ?. Tanpa menjawab pertanyaan saya, ibu
itu
langsung menunjuk, “Kalau yang itu berapa bang ?� Ibu itu menunjuk hewan
yang paling murah dari hewan yang lainnya. Kalau yang itu harganya Rp.
600.000,-
bu, jawab saya. Harga pasnya berapa bang ?, gak usah tawar lagi ya bu... Rp.
500.000 deh  kalau ibu mau. Fikir saya memang dari harga segitu keuntungan saya
kecil, tapi biarlah khusus untuk ibu ini. “Uang saya Cuma ada 450 ribu, boleh
gak�. Waduh... saya bingung, karena itu harga modal kami,
akhirnya saya berembug dengan teman yang lain. “Biarlah mungkin ini jalan
pembuka untuk dagangan kita, lagi pula kalau dilihat dari penampilannya
sepertinya bukan orang mampu, kasihan, hitung-hitung kita membantu niat ibu itu
untuk berqurban�. Sepakat kami berempat. “Tapi bawa sendiri ya.. ?�
akhirnya si ibu tadi bersedia, tapi dia minta diantar oleh saya dan ongkos
bajaj-nya dia yang bayar dirumah. Setelah saya dikasih alamat rumahnya si ibu
itu langsung pulang dengan jalan kaki. Saya pun berangkat.

Ketika sampai di rumah ibu tersebut. Subhanallaah.....
Astaghfirullaah.....Alaahu Akbar, merinding saya, terasa mengigil seluruh badan
saya demi melihat keadaan rumah ibu tersebut.

Ibu itu hanya  tinggal bertiga dengan orang tuanya (ibunya) dan satu orang
anaknya di rumah gubuk dengan berlantai tanah dan jendela dari kawat. Saya
tidak
melihat tempat tidur/ kasur, yang ada hanya dipan kayu beralas tikar lusuh.
Diatas dipan sedang tertidur seorang perempuan tua kurus yang sepertinya dalam
kondisi sakit. “Mak ... bangun mak, nih liat Sumi bawa apa� (oh ternyata
ibu
ini namanya Sumi), perempuan tua itu terbangun dan berjalan keluar. “Ini ibu
saya bang� ibu itu mengenalkan orang tuanya kepada saya. Mak Sumi udah beliin
kambing buat emak qurban, ntar kita bawa ke Masjid ya mak. Orang tua itu kaget
namun dari wajahnya terlihat senang dan bahagia, sambil mengelus-elus kambing
orang tua itu berucap, Alaahu Akbar, Alhamdulillaah, akhirnya kesampaian juga
emak qurban.

“Nih bang duitnya, maaf ya kalau saya nawarnya telalu murah, saya hanya kuli
cuci, saya sengaja kumpulkan uang untuk beli kambing yang mau saya  niatkan
buat
qurban ibu saya. Aduh GUSTI....... Ampuni dosa hamba, hamba malu berhadapan
dengan hambaMU yang satu ini. HambaMU yang Miskin Harta tapi dia kaya Iman.
Seperti bergetar bumi ini setelah mendengan niat dari ibu ini. Rasanya saya
sudah tidak sanggup lagi berlama-lama berada disitu. Saya langsung pamit
meninggalkan kebahagiaan penuh keimanan mereka bertiga.

“Bang nih ongkos bajajnya.!, panggil si Ibu, “sudah bu cukup, biar ongkos
bajaj saya yang bayar. Saya cepat pergi sebelum ibu itu tahu kalau mata ini
sudah basah, karena tak sanggup mendapat teguran dari Allah yang sudah
mempertemukan saya dengan hambaNYA yang dengan kesabaran, ketabahan dan penuh
keimanan ingin memuliakan orang tuanya.

"U can go fast, but i can go Anywhere"

------------------------------------

SAVE BANDWITH !!!!
Mohon hapus semua footer² dibawah ini sebelum anda me-reply message.
Yahoo!  Groups Links
__._,_.___
Reply to sender | Reply to group | Reply via  web post | Start a New Topic
Messages in this topic (5)

Recent Activity:        * New Members 4
Visit Your Group
SAVE BANDWITH !!!!
Mohon hapus semua footer² dibawah ini sebelum anda me-reply message.

MARKETPLACE
Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the
Yahoo! Toolbar now.

Get great advice about dogs and cats. Visit the Dog & Cat Answers Center.

.

--
--- We moderators work for free only for your convenience in our milis.
Help us and obey the rules or be gone!  ---