Baru baca dikit udah berani berkoar dan bikin kesimpulan. Hahahahaha! Buku
Roosa menyebut bahwa gerakan 30 september dilakukan oleh segelintir pimpinan
PKI dan bahkan tak diketahui oleh politbironya sendiri. Syam dicurigai sebagai
agen ganda (secara implisit ditengarai sebagai susupan dari militer).

Untung dari Cakrabirawa mau ikutan sebab yakin bahwa gerakan ini tujuannya
menyelamatkan presiden Sukarno dari ancamana kudeta Dewan Jendral yang ditopang
CIA (kalo mau tau lebih jauh peranan CIA, baca tuh postingan komplit dari Bung
Verdi).

Bukti bahwa gerakan ini bukan gerakan massal PKI dan cuma aksi segelintir tokoh
saja adalah tidak adanya koordinasi yang baik, kejelasan siapa pasukan yang pro
dan kontra, strategi penyerangan dan pertahanan yang baik, dlsb.

Suparjo sendiri bahkan mengamati betapa kacaunya gerakan ini sebagai sebuah
aksi militer, dan dia heran bahkan kok yang jadi pentolannya malah Syam, bukan
Untung. Sukarno sendiri dilaporkan marah sekali atas penculikan dan pembunuhan
para perwira AD.

Menurut Roosa, gerakan 30 September memang dilakukan oleh unsur-unsur dari PKI
tapi bukan resmi kebijakan partai. Yang kemudian terjadi adalah Suharto
menggunakan situasi kisruh ini untuk merebut kekuasaan dan memerintahkan
pembantaian terhadap antara 500 ribu sampai 2 juta orang yang diduga/dituduh
sebagai PKI.

Jadi, harus dibedakan antara gerakan 30 september malam yang menyebabkan
gugurnya 7 perwira AD dan pembantaian massal jutaan orang oleh Orba yang
terjadi sesudahnya. Kalo ini masih gak masuk juga di kepalamu, maka saya sih
ketawa aja alias kaga heran :)

Baca tuh buku sampe abis, semoga ngerti ya isinya apa. Kalo mau nanya-nanya
lebih detil, silakan. John Roosa sang penulis kantornya cuma beberapa langkah
dari kantor saya.