Dear Mang Ucup,

2010/3/7 MANG UCUP <mang.u...@gmail.com>

> Pertanyaan: “Apakah Tuhan yang menciptakan Otak ataukah Otak yang
> menciptakan Tuhan?”
>
> Filsuf Perancis Rene Descrates (1596 -1650) yang mendapatkan julukan
> sebagai
> Penemu Fisalfat Modern berpendapat: “Aku berpikir, maka aku ada”, dalam
> bahasa Latin “Cogito ergo sum” atau dalam bahasa Perncis “Je pense donc je
> suis”. Berdasarkan kesimpulan tersebut saya juga bisa menyatakan: “Tuhan
> itu
> ada, karena aku berpikir, bahwa Tuhan itu ada”.

BIG CUT

Ini adalah pembacaan yang tidak berdasar dan jauh dari apa yang dimaksudkan
oleh Descartes sendiri. Dalam Meditasi ke-2, *cogito ergo sum *adalah titik
fondasi epistemologis pertama yang bisa disimpulkan Descartes setelah proses
eliminasi skeptis yang radikal. Klaim bahwa Tuhan itu ada baru
diargumentasikan di dalam meditasi selanjutnya (juga di dalam Meditasi
ke-5), dan pikiran Descartes tidak sesederhana yang diekspresikan Mang Ucup.
Secara singkat saja, dalam Meditasi ke-3 Descartes mengatakan bahwa
keberadaan Tuhan itu menjelaskan mengapa kita memiliki ide tentang Tuhan.
Dengan demikian, eksistensi Tuhan adalah sesuatu yang independen dari apakah
saya berpikir bahwa Tuhan itu ada atau tidak.

salam,
Emil

Pojok Milis Komunitas Forum Pembaca KOMPAS [FPK] :

1.Milis Komunitas FPK dibuat dan diurus oleh pembaca setia KOMPAS

2.Topik bahasan disarankan bersumber dari http://cetak.kompas.com/ ,
http://kompas.com/ dan http://kompasiana.com/

3.Moderator berhak memuat,menolak dan mengedit E-mail sebelum diteruskan ke
anggota

4.Moderator E-mail: agus.hamonan...@gmail.com agushamonan...@yahoo.co.id

5.Untuk bergabung: forum-pembaca-kompas-subscr...@yahoogroups.com

KOMPAS LINTAS GENERASI