From: manneke budiman [mailto:hepaest...@yahoo.ca]
Sent: Thursday, April 08, 2010 2:00 PM
To: Koran Digital; Nugrasius - W73
Subject: RE: Hitler Kambing Hitam Sejarah ?

Hehehe, ini lho postingan Anda yang awal dan yang saya respond:

From: Nugrasius - W73 <nugras...@ptadaro.com>
Subject: [Forum-Pembaca-KOMPAS] Re: Hitler Kambing Hitam Sejarah ?
To: "Forum-Pembaca-Kompas@yahoogroups.com"
<Forum-Pembaca-Kompas@yahoogroups.com>

>Mas Manneke,
>Anda tau kenapa Jepang expan? Karena jepang di boikot / isolasi oleh Amrik Cs
>sehingga >tidak bisa memperoleh bahan bakar dari Asia. Jadi expan jepang ada
>reaksi dari perilaku >serakah Amrik cs.
>Itulah rangkaiannya.
>Dan yang mengusir Belanda bukan Jepang tapi Indonesia dibantu Jepang, dan
>episode >akhir, Indo sendiri yg mengusir Jepang.

Udah jelas? Ingatan udah kembali? Sanggahan saya adalah bahwa yang mengisolasi
Jepang bukan AS dkk. Jepang mengisolasi diri sendiri dan mengusir semua orang
Barat, sejak tahun 1860-an (zaman Tokugawa). Laksamana Matthew Perry (AS) yang
mendobrak isolasi itu, sehingga iptek Barat akhirnya bisa diserap Jepang.

Barat tidak mengisolasi Jepang. Sejak 1890, Jepang sudah mengembangkan militer
yang kuat akibat Restorasi Meiji. Cina menjadi pasar utama, dan ekspor ke Eropa
meliputi teh dan sutera. Dengan ankesasi Korea pada 1895, Jepang menjadi negara
imperialis dan Taiwan (untuk batubara, bijih besi, kayu, palawija, beras, gula.

Tahun 1905, dengan dukungan AS, Jerman dan Inggris, Jepang mengalahkan Rusia
dan merebut Manchuria.

Tahun 1902 Jepang menandatangani perjanjian persahabatan dengan Inggris. Jepang
juga berada di pihak sekutu Barat dalam Perang Dunia I (1914-1918), dan merebut
wilayah Jerman di Shantung.

Jadi, sekali lagi, di abad ke-20 juga TIDAK ADA isolasi Barat terhadap Jepang.
Jepang baru bermusuhan dengan Barat sesudah menandantangani traktat dengan Nazi
Jerman dan Fasis Italia pada 1940, dan sesudah menyerang Pearl Harbor pada
1941. Kenapa? Sebab Jepang menjadi serakah dan mau mendominasi pasar Asia untuk
dirinya sendiri dan menyingkirkan kekuasaan Barat dari sana. Ngerti?

Anda bilang yang ngusir Belanda dari Hindia adalah kita sendiri? Hahahaha!
Belanda hengkang dari Hindia sesudah menyerah tanpa syarat kepada Jepang pada
1942! Jadi saya gak salah toh kalo btanya buku sejarah SMP macam mana yang kau
baca itu? Indonesia tidak terlibat dalam urusan penyerahan sama sekali!

Tahun 1945, hanya dengan restu Jepanglah dibentuk BPUPKI dan PPKI untuk
menyiapkan kemerdekaan Indonesia. Wilayah Indonesia merdeka pun yang menentukan
Jepang, bukan Sukarno-Hatta. Sukarno maunya wilayah RI mencakupi Malaysia, tapi
Laksamana Maeda tidak setuju.

Jepang menyerah kepada Sekutu karena kalah PD II, bukan menyerah atau kalah
dengan Indonesia! Jadi sekali lagi saya tanya, kau itu dulu waktu di sekolah
menengah baca buku sejarah bikinan mana? Buku sejarah apa itu yang ngawur
bilang bahwa yang mengusir Jepang dari tanah Hindi adalah Indonesia sendiri?
Hadoh!