Hari Sabtu 14 Agustus 2010 berita utama Kompas di halaman 1 "Kebijakan Daging
Sapi Kacau", lalu sub judulnya Cadangan Beras Bulog Minim.

Isi berita adalah komplain pengusaha karena adanya pembatasan impor dan
menyatakan adanya keresahan masyarakat karena harga daging yg tinggi di bulan
Ramadan.

Kesan yg muncul dari berita ini harga daging bakal naik karena adanya
pembatasan impor sapi bakalan.

Namun hari ini Minggu 15 Agustus 2010 di halaman 11 Kompas memberitakan
"Utamakan Sapi Lokal dg sub judul Kebijakan Pembatasan Impor Tak Mendadak.  Isi
berita berupa penjelasan pemerintah ttg kebijakan impor sapi disertai data2 dan
kronologisnya.

Saya sempat ngobrol dg seorang kawan yg tahu betul soal kebijakan sapi ini,
saat itu masih di era KIB I, inti kebijakan adalah berupaya untuk memberdayakan
peternak/petani lokal. Kebijakan yg saya pikir cukup mulia. Namun saat itu
seingat saya kebijakan ini juga diserang habis2an karena sepertinya ada
kelompok yg kepetingannya terganggu kalau sapi lokal bisa jadi sumber daging
nasional.

Bahkan kalaupun impor pun sepertinya diarahkan hanya ke satu negara tertentu.

Lalu soal beras, dikatakan bahwa Cadangan Beras Bulog Minim, namun ada berita
foto di Kompas yg menunjukkan bahwa "OP Beras Sepi Peminat".

Dengan contoh diatas saya layak mempertanyakan misi KOMPAS apakah masih
mengemban "Amanat Hati Nurani Rakyat"??atau sudah beralih mewakili kepentingan
kelompok tertentu?? Atau ini hanya "salah satu" ketidak sengajaan?

Sangat disayangkan kalau Kebijakan Pemerintah untuk memberdayakan
petani/peternak Lokal tersandung oleh ketidak cermatan media sekelas Kompas.
Sudah seharusnyalah kalau kebijakan yg demikian ini, walaupun mungkin ada
kekurangan disana-sini, secara bersama kita dukung dan tingkatkan supaya lebih
baik dan lebih bermanfaat, bukannya malah dijegal. Didiskriminasikan oleh
Kompas dari halaman 1 ke halaman 11.

Salam
Kukuh Kumara