Kasus di Virginia Tech ini menambah daftar contoh anak2 emigran
dengan latar belakang kejiwaan yang tak stabil diduga kuat sebagai
akibat 'cultural shock'. Karena berbagai faktor, tak semua anak2
emigran bisa menyesuaikan diri dg tanah air barunya. FYI, pemuda
penembak asal Korsel tsb sebelum kejadian sudah direkomendasikan
untuk konsultasi kejiwaan/ psikologis.

SALAH SATU faktor penyebab 'cultural shock' di antara anak2 emigran
adalah orangtua2 anak2 emigran sendiri tak mampu menyesuaikan diri,
masih eksklusif bergaul dg komunitas dari negara asal, mewariskan
nilai2 keluarga (termasuk nilai2 'benar'/'pantas' dan 'salah'/'tak
pantas', dsb) yang serigkali tak cocok dengan nilai2 lokal di tanah
air yang baru yang dianut oleh teman2 lokal anak2 emigran tsb, dsb.

Sejak sindikat2 kriminal (shg muncul istilah 'triads') oleh anak2
emigran dari Cina/Hong Kong di Amerika setelah PD 2, kasus2 kriminal
semacam terus berlanjut dg berbagai kasus dg pelaku gang2 anak
emigran pengungsi Vietnam di AS, anak2 Lebanon di Australia, dan
kasus bom bunuh diri anak2 emigran (mayoritas asal Pakistan)
peristiwa 7 Juli di London, merupakan sedikit dari kasus2 semacam.

Salam

  -- In Forum-Pembaca-Kompas@yahoogroups.com, "vida_junita"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Sebenarnya kalau membaca cerita dari beberapa saksi mata yang
yakin
> bahwa pemberondong senjata adalah keturunan asia, (menurut saya)
> sudah hampir bisa dipastikan kalau pembunuh yang satu ini
keturunan
> Asia Timur (entah RRT, Hongkong, Korea atau Jepang).
>
> Kalau pembunuh tersebut keturunan Arab atau Turki pasti lebih saru
> karena perawakan Arab atau Turki kadang tipe-tipenya mirip dengan
> Eropa Selatan (baca: negara-negara Mediteran yang penduduknya
> berambut gelap seperti Itali misalnya).

> [...]

Kirim email ke