pak rzain,
sekali lagi saya ingin katakan bahwa memang benar bahwa awan2 tertentu bisa
turun menjadi hujan tanpa tmc. bahkan bisa jadi ramalan cnn itu benar bahwa
awan yg bergulung2 itu akan menjadi hujan tanpa tmc. tapi masalahnya begini pak:

1. tmc itu tujuannya lebih pada meningkatkan curah hujan. musim hujan sebentar
lagi akan berakhir. dan waktu yg tinggal sedikit ini tidak boleh kita lewatkan
begitu saja. karena tanpa tmc maka diprediksikan bahwa cadangan air waduk tidak
akan mencukupi untuk kebutuhan selama musim kemarau nanti. baik itu untuk
listrik, untuk pengairan, atau untuk air baku pam jaya. bahwa akan turun hujan,
memang itu betul. tapi sekali lagi tmc itu menambah curah hujan. apakah
menambah curah hujan demi kebutuhan umat manusia di musim kemarau nanti itu
dinilai sbg menyalahi niat baik alam? silakan dijawab sendiri.

2. tmc sudah direncanakan sejak bulan februari lalu. prosesnya sangat sulit.
karena semuanya harus melalui tender terbuka. mestinya tmc ini dilaksanakan di
jawa barat sejak bulan maret, sehingga kita bisa melaksanakan tmc dalam periode
yg panjang. tidak hanya sebulan. mengapa harus sejak bulan maret? karena
sebentar lagi masuk musim kemarau. maka sekali lagi ingin saya katakan bahwa
ketika pekerjaan tmc ini telah disetujui secara legal formal, maka apapun yg
terjadi kita akan fight untuk menambah curah hujan. awan yg bergulung2 yg bapak
ceritakan itu bukan menjadi halangan untuk tetap melaksanakan tmc. tapi justru
itu adalah kesempatan emas untuk mendapatkan tambahan air yg lebih banyak.
meskipu terus terang itu adalah pekerjaan yg sangat berhabaya. mengapa? karena
penerbangan normal adalah menghindari awan sedangkan penerbangan tmc ini justru
mengarah ke awan.

3. ttg wadaslintang. saya masih bingung dg sikap bapak. bapak ini setuju bahwa
tmc bisa menambah curah hujan atau tidak? kalau setuju, mengapa mempertanyakan
efektifitas tmc sementara cnn memprediksikan adanya awan bergulung2? kalau
tidak setuju, mengapa mempertanyakan pengaruh tmc terhadap hujan di
wadaslintang? okelah saya tidak perlu menanggapi sikap mendua bapak, saya akan
jelaskan ttg kasus wadas lintang. pertama apakah bapak tau betul bagaimana
kronologi waktu itu? pihak pelaksana tmc bekerja di target area yg diminta oleh
user (pengeola waduk, deptan, ataupun dprd) ketika user tidak memberikan mana
yg boleh "dihujani" dan mana yg tidak boleh, maka pelaksana bekerja berdasarkan
target umum yaitu catcment area. tetapi jika sebelumnya diberi batasan2, maka
pelaksana tmc juga akan mengikutinya. kedua,apakah bapak tau bahwa pelaksna tmc
memberi perlakuan terhadap awan yg akhirnya tumbuh di daerah tembakau?

4. beberapa kali memang tmc ini menjadi kambing hitam. kadang diertanyakan
efektifitasnya tetapi pihak yg sama kadang juga menuding banjir terjadi akibat
tmc. yg jelas pelaksana tmc bekerja dg sebaik mungkin. pernah kejadian banjir
di bandung ketika ada tmc, maka tmc dituding sbg biang keroknya. setelah
gubernur kita beri penjelasan, maka gubernur berkata: saya jamin bahwa banjir
yg terjadi waktu itu bukan karena tmc. jabatan saya taruhannya.

demikian pak, sebaiknay kitra diskusi scr profesional saja. tidak perlu
disertai sikap2 sinis. saya juga minta maaf kalau selama ini terkesan sok. tapi
saya hanya berusaha untunk menjawa sebisa saya.

salam